Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Kelas/Semester :
VII/ 1
Waktu : 90 menit
1
Badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia
(BPUPKI) dibentuk pada....
A.
1 Maret 1945 C. 29 Mei 1945
B.
29 April 1945 D. 1 Juni 1945
2
dr. K.R.T. Radjiman
Wedyodiningrat adalah orang yang berperan penting dalam mencapai kemerdekaan
Indonesia yaitu sebagai...
A.
Pemimpin perang kemerdekaan
B.
Anggota PPKI
C.
Pengusul dasar negara
D.
Ketua BPUPKI
3
Tugas utama BPUPKI adalah...
A.
Menyelidiki dan mengumpulkan usul tentang kemerdekaan
Indonesia
B.
Mempersiapkan tata cara pelaksanaan proklamasi
kemerdekaan
C.
Mengamankan Soekarno dan Hatta dari pengaruh pemerintah
Jepang
D.
Membentuk pemerintahan indonesia yang merdeka dan
berdaulat
4
Pondasi bagi berdirinya sebuah negara dengan kukuh dan
kuat disebut....
A.
Lambang negara
B.
Dasar negara
C.
Kedaulatan negara
D.
Pandangan hidup bangsa
5
Agenda sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei sampai dengan
1 Juni 1945 adalah membahas...
A.
Bentuk negara
B.
Dasar negara
C.
UUD negara
D.
Kewarganegaraan
6
Pernyataan:
1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanusiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Sosial
Pernyataan tersebut merupakan usulan dasar
negara yang disampaikan oleh....
A.
Moh. Yamin
B.
Soekarno
C.
Soepomo
D.
Hatta
7
Perhatikan gambar:
1 M Yamin 2 Mr Soepomo
3 Ir Soekarno 4 Moh. Hatta
Tokoh yang menyampaikan usulan
dasar negara pada sidang BPUPKI ditunjukan oleh gambar....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
8
Rumusan
dasar Negara yang di usulkan oleh para pendiri negara mempunyai perbedaan satu sama lain, namun memiliki persamaan dari segi
A.
materi keadilan
B.
materi dan semangat
C.
semangat persatuan
D.
jiwa dan perasaan
9
Agenda utama Sidang kedua BPUPKI tanggal 10– 17 Juli
1945, yaitu...
A.
Menyepakati Bentuk negara
B.
Penyusunan UUD negara
C.
Mempersiapkan teks proklamasi
D.
Rumusan dasar negara merdeka
10
Pernyataan:
1.
Mengesahkan UUD negara
2.
Menetapkan Presiden dan wakil presiden
3.
Membentuk KNIP
4.
Menetapkan piagam jakarta
Hasil sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945 ditunjukan oleh....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
11
Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam
pembukaan UUD 1945 alinea...
A.
Pertama
B.
Kedua
C.
Ketiga
D.
Keempat
12
Hari lahirnya pancasila ditetapkan pada tanggal....
A.
1 Juni
B.
17 Agustus
C.
28 Oktober
D.
10 Nopember
13
Manfaat suatu negara memiliki dasar negara adalah....
A.
Mampu menyelesaikan permasalah berbangsa dan bernegara
B.
Negara memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam
mensejahterakan rakyat
C.
Negara tidak terombang-ambing dalam menghadapi perubahan
zaman
D.
Negara menjadi lebih mudah mengadakan kerjasama
internasional
14
Pernyataan:
1.
Kenegarawanan
2.
Jiwa kebangsaan
3.
Keyakinan untuk menang
4.
Rela berkorban
5.
Toleransi
Nilai-nilai yang dapat
diteladani dari para pendiri bangsa pada perubahan rumusan dasar negara yang
telah disepakati dalam piagam jakarta adalah....
A.
1, 2, 3, dan 4
B.
1, 2, 4, dan 5
C.
1, 3, 4, dan 5
D.
2, 3, 4, dan 5
15
Pernyataan:
1. Memiliki semangat persatuan dan nasionalisme;
2. Mendukung dan berupaya secara aktif mencapai cita-cita
pribadi
3. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia;
4. Selalu bersemangat dalam berjuang;
5. Melakukan pengorbanan pribadi.
Komitmen para pendiri negara dalam
menyampaikan rumusan dasar negara ditunjukan oleh nomor....
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
16
Pernyataan:
1.
Tidak membedakan teman dalam bergaul
2.
Menjaga dan memelihara hasil pembangunan
3.
Disiplin dan berprestasi dalam belajar
4.
Menggunakan teknologi canggih
5.
Mencintai kesenian tradisional
Pernyataan yang menunjukan
bukti adanya semangat dan komitmen kebangsaan seorang pelajar adalah...
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
17
Hukum dasar tertulis dan tidak tertulis disebut....
A.
Konvensi
B.
Dasar negara
C.
Undang-undang dasar
D.
Konstitusi
18
Pidato presiden setiap tanggal
16 Agustus
di depan sidang paripurna DPR/MPR merupakan
contoh....
A. Konvensi
B. Interpelasi
C. Aspirasi
D. Konspirasi
19
Pada tanggal 17 Juli 1945, sidang Panitia kecil/panitia sembilan berhasil
menyelesaikan rumusan Hukum Dasar negara yang dikenal....
A.
Magna charta
B.
Dasasila Bandung
C.
Piagam Jakarta
D.
UUD 1945
20
Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menyepakati dihilangkannya tujuh kata
dalam Piagam Jakarta yaitu....
A.
Atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa
B.
Bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa
C.
Mengantarkan rakyat indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan indonesia
D.
Dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya
21
Manfaat yang diperoleh bagi kehidupan negara apabila warga negara mematuhi
UUD 1945 adalah....
A.
Kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan lancar
B.
Aparatur negara memperoleh penghasilan yang layak
C.
Lembaga negara bisa bekerjasama dan terhindar dari KKN
D.
Presiden dan wakil presiden akan dihormati dalam pergaulan internasional
22
Pernyataan:
1.
Kedaulatan negara semakin kokoh
2.
Persatuan dan kesatuan bangsa terancam
3.
Kesejahteraan rakyat semakin sulit dicapai
4.
Terjadi sengketa antar lembaga negara
5.
Negara terkucil dari pergaulan didunia
Akibat jika UUD negara republik indonesia
tahun 1945 tidak dipatuhi adalah....
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
23
Perhatikan data:
1.
UUD 1945
2.
UUDS 1950
3.
UUD RI
4.
UUD RIS
Undang-undang dasar yang pernah berlaku di
Indonesia ditunjukan oleh nomor....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C.
1, 3, dan 4
D.
2, 3, dan 4
24
Berdasarkan UUD 1945 sistem pemerintahan yang dianut bangsa Indonesia
adalah....
A.
Kesatuan
B.
Republik
C.
Presidensial
D.
Parlementer
25
Sebelum dilakukan amandemen UUD 1945, lembaga tertinggi negara adalah....
A.
UUD 1945
B.
Presiden
C.
DPR
D.
MPR
26
Akibat yang terjadi jika suatu negara tidak memiliki UUD adalah....
A.
Kepemimpinan nasional disegani
B.
Hak-hak warga negara terabaikan
C.
Lembaga negara berfungsi dengan baik
D.
Tujuan pembangunan akan mudah
dicapai
27
Pernyataan:
1.
Nasionalisme
2.
Patriotisme
3.
Chauvinisme
4.
Kerja keras
5.
Pantang menyerah
6.
Primordialisme
Sikap semangat
para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD negara republik
Indonesia tahun 1945 ditunjukan oleh.....
A.
1, 2, 4 dan 5
B.
1, 3, 5 dan 6
C.
2, 3, 4 dan 6
D.
3, 4, 5 dan 6
28
Sikap yang terbaik terhadap UUD 1945 dalam kedupan sehari-hari adalah....
A.
Membaca berulang-ulang hingga hafal
B.
Mengetahui semua isi pasal didalamnya
C.
Menghayati dan mengamalkannya
D.
Memahami dan mengajarkannya
29
Upaya perwujudan pembukaan UUD negara republik Indonesia tahun 1945 alinea
keempat dalam kehidupan sehari-hari terlihat pada....
A.
Pembangunan tempat-tempat rekreasi
B.
Siswa menempuh pendidikan dasar 9
tahun
C.
Diperketatnya lalulitas barang dan jasa di bandara
D.
Dikeluarkannya kartu Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar
30
Kaidah atau aturan yang belaku didalam masyarakat disebut....
A.
Norma
B.
Hukum
C.
Undang-undang
D.
Konstutusi
31
Pernyataan:
1.
Norma keluarga
2.
Norma hukum
3.
Norma kesopanan
4.
Norma kesusilaan
5.
Norma keadilan
6.
Norma agama
Norma yang berlaku di masyarakat ditunjukan oleh nomor....
A.
1, 2, 3 dan 4
B.
1, 3, 5 dan 6
C.
2, 3, 4 dan 6
D.
3, 4, 5 dan 6
32
Tujuan dibuatnya norma adalah....
A.
Terpenuhinya hak-hak warga negara
B.
Terwujudnya keluarga bahagia
C.
Terselenggaranya pemerintahan yang baik
D.
Terciptanya ketertiban didalam masyarakat
33
Norma yang bersumber dari hati sanubari manusia disebut....
A.
Norma agama
B.
Norma kesusilaan
C.
Norma kesopanan
D.
Norma hukum
34
Norma agama bersumber dari....
A.
Kebiasaan hidup dimasyarakat
B.
Hati nurani manusia
C.
Pemerintah yang berkuasa
D.
Wahyu Tuhan
35
Contoh norma kesopanan adalah....
A.
Menghormati orang yang lebih tua
B.
Berjabat tangan ketika berjumpa teman
C.
Memberi salam saat tiba dirumah
D.
Membantu orang yang memerlukan
36
Sanksi bagi pelanggar norma hukum adalah....
A.
Dosa dan siksa neraka
B.
Cemooh dari masyarakat
C.
Menyesal dan merasa bersalah
D.
Denda atau kurungan
37
Pernyataan:
1.
Hadir di sekolah tepat waktu
2.
Mengerjakan tugas bersama teman
3.
Berseragam dengan rapaih dan bersih
4.
Membuang sampah pada tempatnya
5.
Memelihara fasilitas sekolah
Pelaksanaaan norma hukum di sekolah ditunjukan oleh pernyataan....
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 2, 3, dan 5
C. 1, 3, 4, dan 5
D. 2, 3, 4, dan 5
38
Manfaat melaksanakan norma bagi diri sendiri adalah....
A.
Semua kebutuhan hidup dapat terpenuhi
B.
Hidup menjadi tentram dan bahagia
C.
Terhindar dari semua hukuman
D.
Tidak takut pada aparat penegak hukum
39
Pernyataan:
1.
Tugas guru menjadi ringan
2.
Lingkungan menjadi bersih dan nyaman
3.
Suasana belajar menjadi kondusif
4.
Prestasi siswa meningkat dengan cepat
5.
Peserta didik dapat terlayani dengan baik
6.
Program sekolah didukung oleh orang tua
Manfaat dilaksanakannya norma disekolah ditunjukan oleh pernyataan....
A.
1, 2, 3 dan 4
B.
1, 2, 4 dan 6
C.
2, 3, 5 dan 6
D.
3, 4, 5 dan 6
40
Akibat yang akan terjadi apabila tidak dilaksanakannya norma dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara adalah....
A.
Pembangunan dan pelayanan masyarakat jadi terganggu
B.
Tugas aparat penegak hukum menjadi bertambah berat
C.
Program-program pemerintah terpaksa dihentikan
D.
Anggota Dewan harus melakukan sidang secara mendadak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar