PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : IX / 2
Hari, tanggal :
Waktu : 90 Menit
1.
Perhatikanlah
sikap warga negara dibawah ini!
1. Tidak memaksakan keyakinan (agama) kepada
orang yang sudah berkeyakinan (agama).
2. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
3. Tidak mencampuri urusan ibadah agama lain.
4. Saling menghormati agama lain.
Manakah dari sikap diatas yang sesuai
dengan pokok pikiran keempat Pembukaan UUD 1945 dikehidupan berbangsa dan
bernegara….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4
2.
Kedaulatan
akan selalu dimiliki oleh setiap negara yang merdeka, termasuk juga Indonesia.
Makna yang dapat dipahami dari kedaulatan adalah…
A. Kekuasaan tertinggi dalam suatu negara.
B. Kekuasaan negara untuk mempengaruhi negara
lain.
C. Kemampuan negara untuk bekerja sama dengan
negara lain.
D. Kesetaraan negara yang merdeka dengan negara
maju.
3.
Kedaulatan
dalam suatu negara mempunyai empat sifat pokok, dimana salah satunya yaitu
sifat tunggal yang memiliki arti bahwa kekuasaan itu….
A. Tidak dibatasi oleh kekuasaan lain.
B. Tidak berawal dari kewenangan lain yang
lebih tinggi.
C. Selalu ada selama negara tetap berdiri
walaupun pemerintah sudah berganti-ganti.
D. Adalah satu satunya dalam negara dan tidak
dibagi kepada lembaga-lembaga lain.
4.
Perhatikanlah
pernyataan mengenai kedaulatan berikut ini!
1. Kekuasaan untuk mengatur semua yang ada di
sebuah wilayah untuk kesejahteraan rakyatnya.
2. Kekuasaan untuk bekerja sama dengan negara
lain tidak harus terikat oleh kekuasaan lain.
3. Kekuasaan untuk menyusun dan mengatur organisasi
pemerintahan sendiri.
4. Kekuasaan untuk hubungan diplomatik dengan
negara lain.
Dari pernyataan tersebut, manakah yang
merupakan bentuk kedaulatan keluar yaitu….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
5.
Seorang
Raja dianggap keturunan dewa, sehingga kekuasaan dalam negara itu bersifat
mutlak dan suci. Sehingga keberadaan raja atau pemerintah selalu benar dan
tidak mungkin salah. Pandangan tersebut merupakan pernyataan dari….
A. Teori Kedaulatan Raja.
B. Teori Kedaulatan Tuhan.
C. Teori Kedaulatan Rakyat.
D. Teori Kedaulatan Hukum.
6.
Pasal 1
ayat 3 pada UUD 1945 menyebutkan bahwa Negara Republik Indonesia menganut Teori
Kedaulatan…
A. Raja
B. Rakyat
C. Negara
D. Hukum
7.
Semua
warga negara yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan
perundang-undangan berhak mengikuti pemilu. Hak itu diberikan tanpa melihat
jenis kelamin, suku, agama, ras, pekerjaan dan lain sebagainya. Pernyataan
tersebut merupakan asas pemilu yaitu….
A. Langsung
B. Umum
C. Bebas
D. Rahasia
8.
Lembaga
tinggi negara yang tugas dan kewenangannya diatur dalam UUD 1945 dan berfungsi sebagai
badan legislatif yaitu….
A. Presiden dan Menteri Negara.
B. Dewan Perwakilan Rakyat dan Mahkamah Agung.
C. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.
D. Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan
Daerah.
9.
Perhatikanlah
lembaga negara di tingkat pusat dan daerah berikut ini!
2. Majelis Perwakilan Rakyat (MPR).
3. Gubernur.
4. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
5. Bupati.
6. Wali Kota.
Dari data diatas yang mempunyai kekuasaan
eksekutif dalam pemerintahan ditunjukkan pada nomor….
A. 1, 2, 4 dan 5
B. 1, 3, 5 dan 6
C. 2, 3, 4 dan 5
D. 2, 3, 4 dan 6
10.
Dewan
Perwakilan Rakyat atau biasa disingkat DPR merupakan lembaga yang tugas dan
fungsinya diatur dalam UUD 1945 hasil amandemen. Salah satu fungsi dari lembaga
DPR adalah….
A. Mengawasi Presiden dalam melaksanakan
pemerintahan.
B. Memutus sengketa kewenangan lembaga negara
menurut UUD.
C. Memberikan pertimbangan hukum terkait
pemberian grasi dan rehabilitasi.
D. Memberikan pertimbangan keuangan berkenaan dengan rancangan anggaran belanja Negara.
D. Memberikan pertimbangan keuangan berkenaan dengan rancangan anggaran belanja Negara.
11.
Perhatikanlah
pernyataan di bawah ini!
1. Nilai-nilai dan cita-citanya tidak
dipaksakan dari luar.
2. Diciptakan oleh negara.
3. Nilai-nilainya didasari oleh kekayaan jiwa,
moral dan budaya masyarakat itu sendiri.
4. Dasarnya merupakan hasil konsensus
masyarakat.
Dari pernyataan diatas, manakan yang termasuk
dari ciri khas ideologi bersifat terbuka….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
12.
Pancasila
bersumber dari falsafah bangsa itu sendiri sehingga memenuhi syarat untuk
menjadi ideologi terbuka. Keterbukaan Pancasila tersebut yaitu mengandung
makna….
A. Ideologi Pancasila bersumber dari nilai-nilai
yang dipaksakan oleh negara.
B. Sebuah nilai dasar Pancasila memiliki sifat
tidak tetap dan menyatu pada kelangsungan hidup Negara.
C. Bahwa nilai-nilai Pancasila tidak berubah
dan pelaksanaannya berdasarkan dengan tantangan yang nyata.
D. Pancasila dapat berkomunikasi dan
menyesuaikan dengan perkembangan jaman.
13.
Pancasila
sebagai ideologi terbuka mengandung nilai-nilai dasar yang terdapat dalam
kelima silanya, yaitu salah satunya adalah nilai dasar kemanusiaan yang dapat
diwujudkan dalam bentuk….
A. Sikap kekeluargaan dan tolong menolong antar
sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan
B. Sikap agamis dan saling menghormati antara
pemeluk agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME
C. Cinta tanah air dan mengutamakan kepentingan
bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongannya
D. Menerapkan pola hidup sederhana, bekerja
keras, berlaku adil dan menghargai karya orang lain
14.
Contoh
sikap dan perilaku masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam
bidang hukum yaitu….
A. Membayar pajak pada waktunya.
B. Ikut serta dalam pemilihan umum.
C. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan
raya.
D. Tidak mendesakkan keyakinan (agama) kepada
orang lain yang sudah berkeyakinan (agama).
15.
Pelaksanaan
pemilihan ketua OSIS di lingkungan sekolah adalah perwujudan dari nilai-nilai
Pancasila dalam bidang….
A. Sosial.
B. Politik.
C. Ekonomi.
D. Pertahanan dan keamanan.
16.
Pengaktualan
nilai luhur Pancasila dalam bidang ekonomi dikembangkan melalui penerapan
sistem ekonomi yang berasas kekeluargaan. Hal tersebut sudah ditetapkan didalam
UUD 1945 pasal ….
A. Pasal 31
B. Pasal 33
C. Pasal 34
D. Pasal 35
17.
Sebuah
sistem dalam sosial budaya di masyarakat wajib dikembangkan sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila. Sikap sosial dan budaya dari Barat yang dapat diterima
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah….
A. Kekeluargaan, gotong royong dan musyawarah.
B. Sikap feodal, eksklusif dan paham kedaerahan
yang sempit.
C. Semangat bekerja keras, disiplin dan sikap
ilmiah atau rasional.
D. Pergaulan bebas dikalangan remaja dalam
menunjang modernisasi.
18.
Usaha
pertahanan dan keamanan negara adalah hak dan kewajiban setiap warga Negara,
yang dinyatakan dalam UUD 1945 pasal….
A. 27 ayat 3
B. 28 ayat 1
C. 29 ayat 2
D. 30 ayat 1
19.
Kemerdekaan
Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 tidak serta-merta dari
hasil perjuangan bangsa Indonesia saja, melainkan juga…..
A. Kebaikan Pemerintah Jepang untuk memberikan
kemerdekaan kepada Negara Indonesia.
B. Berkat rahmat dan anugerah Tuhan Yang
Mahakuasa.
C. Impian luhur bangsa Indonesia yang sudah
dicita-citakan sejak lama.
D. Perjanjian bangsa Indonesia dengan Belanda
yang difasilitasi PBB.
20.
“Negara
hendak mewujudkan keadilan sosial yang didasarkan bahwa manusia mempunyai hak
dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat.” Makna tersebut menggambarkan
substansi Pembukaan UUD 1945 yaitu….
A. Pokok pikiran kesatu.
B. Pokok pikiran kedua.
C. Pokok pikiran ketiga.
D. Pokok pikiran keempat
21.
Penjelasan
nilai Pancasila yang terdapat dalam pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD 1945
adalah….
A. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan
seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan
B. Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha
Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Negara yang berkedaulatan rakyat yang
berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan atau perwakilan.
D. Negara hendak mewujudkan keadilan sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia
22.
Pokok
pikiran keempat dalam Pembukaan UUD 1945 mengandung makna bahwa UUD 1945
mengharuskan pemerintah dan penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti
yang luhur. Maka makna tersebut adalah penjelasan dari Pancasila, sila….
A. Ketuhanan YME berdasarkan kemanusiaan yang
adil dan beradab.
B. Persatuan Indonesia.
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan.
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia.
23.
Contoh dari
sikap positif yang menggambarkan pokok pikiran kesatu Pembukaan UUD 1945 di
lingkungan keluarga adalah….
A. Berpartisipasi dalam kerja bakti
membersihkan saluran air desa.
B. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
C. Hidup rukun dengan saudara laki-laki dan
perempuan.
D. Ikut serta dalam belajar kelompok.
24.
Siswa
yang dapat menjaga keseimbangan dalam melaksanakan hak dan kewajiban di sekolah
merupakan salah satu contoh sikap positif di lingkungan sekolah yang
mencerminkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 tentang…..
A. Keadilan sosial.
B. Kedaulatan rakyat.
C. Persatuan dan kesatuan.
D. Ketuhanan YME berdasarkan kemanusiaan yang
adil dan beradab.
25.
Yang
merupakan sikap positif dalam mencerminkan pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD
1945 di lingkungan masyarakat adalah….
A. Melaksanakan setiap norma yang berlaku dalam
masyarakat.
B. Berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan
kepala desa.
C. Berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti.
D. Melaksanakan tugas ronda malam
26. Pada tanggal 18 Agustus 1945 pancasila
disahkan sebagai dasar negara. Maka kedudukan Pancasila sebagai dasar negara
tersebut berfungsi sebagai….
A. Dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan Negara
Indonesia
B. Petunjuk atau pedoman dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
Indonesia
C. Prinsip hidup yang tinggi dalam kehidupan sosial masyarakat
Indonesia
D. Nilai luhur yang digunakan untuk menghadapi persaingan era
globalisasi
27.
Pada
pembukaan UUD Tahun 1945, pancasila berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa
Indonesia, hal tersebut bermakna bahwa Pancasila menjadi….
A. Landasan politik bagi partai politik dalam
kehidupan bernegara
B. Norma hukum dalam mengatur hubungan dengan
bangsa lain
C. Sumber hukum negara Indonesia yang paling tinggi
D. Petunjuk arah dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
28.
Perhatikanlah
pernyataan di bawah ini!
1. Pembubaran Badan Konstituante.
2. Berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak
berlaku lagi UUDS 1950.
3. Ir Sukarno ditetapkan sebagai presiden
seumur hidup.
4. Diresmikannya MPRS atau majelis
permusyawaratan rakyat sementara serta DPAS atau dewan pertimbangan agung
sementara.
Dari keempat pernyataan diatas, manakah
yang merupakan isi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959?
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 4
29.
Periode
tahun 1945–1950 dimana pada saat itu pancasila sudah ditetapkan sebagai dasar
negara, terdapat beberapa pemberontakan yang terjadi dan salah satunya yaitu
pemberontakan DI/TII yang bertujuan….
A. Mengganti ideologi Pancasila dengan
Syariat Islam
B. Mengubah dasar negara Pancasila dengan
paham Komunis
C. Mempertahankan negara federasi yang
dibentuk Belanda
D. Membetulkan pemerintah pusat pada saat
dipimpin Presiden Soekarno.
30.
Suatu
tantangan dalam mengamalkan Pancasila pada masa sekarang ini yaitu menurunnya
rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama warga. Sikap dan perilaku tersebut
adalah….
A. Berpartisipasi dalam kegiatan organisasi
politik untuk mengikuti pemilihan umum baik lokal maupun nasional
B. Melakukan demonstrasi dan mengkritisi
kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat
C. Menyebar rasa kebencian dan perpecahan antar
warga setelah dilaksanakan pemilu
D. Terlibat dalam berbagai organisasi
kepemudaan dalam mengekspresikan kemampuan diri
SOAL ESSAY
1.
Jelaskan
tujuan dari pemberontakan G30S/PKI yang terjadi pada masa orde lama pada tahun
1959-1966!
2.
Dalam
pasal 27 ayat 3 UUD 1945 menyebutkan bahwa hak dan kewajiban untuk membela Negara
bagi setiap warga negara. Berikan tiga contoh sikap membela negara yang dapat
dilakukan oleh pelajar di sekolah!
3.
MPR
(Majelis Permusyawaratan Rakyat) bersepakat untuk tidak melakukan amandemen
terhadap Pembukaan UUD 1945, dimana tujuan Negara Indonesia yang tidak harus
diubah. Tuliskan tujuan negara yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut!
4.
Montesquieu
merupakan seorang ahli dari Perancis yang berpendapat bahwa pemegang kekuasaan
dalam suatu negara itu harus dibagi secara terpisah. Dimana teori tersebut
dikenal dengan Teori Trias Politika. Jelaskanlah pembagian kekuasaan menurut
teori tersebut!
5.
Negara
Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial yang berdasarkan amanat UUD
1945. Jelaskan 3 ciri pemerintahan presidensial tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar