Selasa, 17 Januari 2012

CONTOH PROPOSAL SPONSORSHIP


1. Pendahuluan : Kreatifitas dalam wadah ajang kreasi PENSI
Budaya berkreatifitas didominasi oleh budaya lisan, dimana dari suatu kreatifitas bahkan potensial muda berikutnya sangat jarang termediasi dengan dokumentasi secara gambar atau tulisan, bahkan pada suatu moment event kegiatan yang menjadi satu (PENSI 2010)dalam bentuk Festival Musik, Seni Theatre dan Film karya Siswa, hal inilah yang yang menjadikan sebuah informasi baru yang disampaikan dari mulut ke mulut dan proses budaya kreatifitas tidak hanya menjadi cerita menjelang tidur saja, tetapi langkah awal kita untuk mendominasi proses transformasi dan edukasi, yang saat ini tidak mudah lagi untuk dilakukan
Event ini, selain fungsi utamanya sebagai ajang unjuk bakat, hal ini sangat mendukung proses awal kita melangkah ke depan untuk masuk dalam metamorfosisnya sebuah perkembangan zaman tentunya pada ajang potensial dan budaya yang selalu berkembang ( budaya secara global ) ke dalam format baru yang berlaku, sehingga lebih terdokumentasi, lebih tertata, serta lebih mudah dikomunikasikan atau dipinda akalkan secara terorganisir tanpa meninggalkan kode etik atau tingkat keluhuran dan kearifan nilai budaya yang ada. “PENSI 2010” juga merupakan media komunikasi yang efektif dan efisien antar siswa (pelajar yang mendukung sebuah kreatifitas yang produktif) mempertahankan sebuah kesatuan dan berjalan beringan tentang prosesnya ke semua kalangan pelajar. Sehingga “PENSI 2010” ini akan memelopori sebuah komunikasi dan transformasi budaya lama sampai ke budaya masa kini secara edukatif serta membawa pesan dalam sebuah konteks metamorphosis budaya dan keanekaragaman budaya yang berkembang ( budaya life style, fashion, community, culture, music, sains, dll ) perkembangannya baik secara ‘teks terbuka’ yang mudah didinterprentasikan oleh para pelaku kreatif / penontonnya, para kawua muda/ pelajar. Penuangan kreatifitas dan edukasi dalam satu media atau daam satu buah wadah PENSI 2010 menjadi sebuah alternative yang kreatif untuk mewariskan kearifan budaya berkreatifitas kepada khalayak umum ( berbagai usia dan latar belakang social ) secara terdokumentasi, lebh gaul, lebih edukatif, lebih tepat sasaran, dan lebih bernilai tambah.

2. Tujuan : “PENSI 2010” sebagai Media Pembelajaran dan Mediasi
Penyajian potensial dan seni pertunjukan dalam “PENSI 2010” ini bertujuan :
- Mempertemukan pelaku kreatifitas, khususnya siswa SMA N 3 Magelang.
- Mewariskan nilai-nilai, nuansa, dan cara berpikir orang kreatif ( agar lebih produktif dan tidak hilang ide kreatifnya ). Termasuk memperkenalkan ke-luar biasa-an siswa kreatif SMA N 3 Magelang.
- Sebagai bentuk komunikasi yang efektif untuk proses pengembangan potensi secara kreatif dan inovatif.
- Memberikan peluang promo atau media branding pada kegiatan PENSI 2010 ini bagi para pebisnis / pengusaha di Magelang.





3. Bentuk Kegiatan :
“ PENSI 2010 “

Dengan tema
Perubahan
( Event ini sebagai media komunikasi da menyegarkan kembali sebuah kekayaan kreatifitas yang ada di SMA N 3 Magelang )

Tanggal : 9 Januari 2010
Jam : 07.00- selesai
Tempat : Area Aula SMA N 3 Magelang

Materi kegiatan PENSI 2010 yang akan terselenggara
Kabaret
Parade Musik
Gelar Film Karya Siswa / Movie Maker Competition
Materi acara dan kegiatan berorientasi kepada budaya yang berkembang, seperti :
Kompetisi :
Pertunjukkan Kabaret
Pertujukkan Band antar Kelas
Movie Maker Competition
Materi kegiatan acara ini tidak bersifat menghasut atau menjelek-jelekkan pihak lain serta tidak melanggar norma susila, suku, adat, ras, kelompok, dan agama/ kepercayaan.

4. Donatur dan Sponsorship (Terlampir)

5. Susunan Acara (Terlampir)
6. Target Peserta
Peserta warga SMA N 3 Magelang

7. Estimasi Anggaran (Terlampir)
8. Audience
Sasaran Pensi 2010 adalah komunitas dan masyarakat Magelang sebagai media komunikasi dan edukasi bagi pelajar dan mahasiswa, masyarakat, dan pecinta komunitas, pelaku kreatifitas dari Magelang dan sekitar.

9. Publikasi
- Flyer - Id Card
- Banner - Spot radio
- Backdrop - Spot media massa
- Souvenir - Sms dari provider

10. Tim Kreatif (Terlampir)

11. Penutup
Demikian disampaikan, besar harapan kami untuk terwujud suksesnya kegiatan “PENSI 2010”

Atas segala dukungan dan kerja samanya baik secara materiil maupun spiituil kami ucapkan terima kasih.


Magelang, 10 November 2008
Airtaintment Leader


TTd


Ganang Nevangga Cahya Ardika


SPONSORSHIP / DONATUR

Sponsor Tunggal
Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total dana / produksi yang dibutuhkan. Kompensasi dari sponsor tunggal adalad 100% dari jumlah kekurangan dana, yaitu Rp 5.243.000,00. Adapun media kontraprestasi yang ditawarkan adalah :
1. Pihak sponsor berhak mendapatkan posisi sebagai penyelenggara acara yang bekerjasama dengan panitia dalam materi yang akan dipersiapakan oleh panitia, seperti yang tertulis dalam proposal.
2. Pihak sponsor berhak memdominasi nuansa (branding perusahaan) dalam outlet promotion media yang berupa indoor maupun outdoor antara lain : poster,leaflet, spanduk, radio, dan lain-lain.
3. Pemasangan umbul-umbul dan spanduk produk perusahaan (jumlah menyesuaikan) di halaman tempat pertunjukan.
4. Sampling produk selama acara berlangsung dan berhak membuka stan/ counter perusahaan selama acara berlangsung.

Sponsor Utama
Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total budget yang telah direncanakan oleh tim produksi (panitia), yaitu kompensasi yang berupa 75 % dari total dana yang dibutuhkan, senilai Rp 3.932.250,00. Adapun media kontraprestasi yang ditawarkan berupa :
1. Pihak sponsor berhak memdominasi nuansa (branding perusahaan) dalam outlet promotion media yang berupa indoor maupun outdoor antara lain : poster,leaflet, spanduk, radio, dan lain-lain.
2. Pemasangan umbul-umbul dan spanduk produk perusahaan (jumlah menyesuaikan) di halaman tempat pertunjukan.
3. Sampling produk selama acara berlangsung dan berhak membuka stan/ counter perusahaan selama acara berlangsung.

Sponsor Premium
Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total budget yang telah direncanakan oleh tim produksi (panitia), yaitu kompensasi yang berupa 40 % dari total dana yang dibutuhkan, senilai Rp 2.097.200,00. Adapun media kontraprestasi yang ditawarkan berupa :
1. Pemasangan umbul-umbul dan spanduk produk perusahaan (jumlah menyesuaikan) di halaman tempat pertunjukan.
2. Pencantuman logo/ lambang perusahaan pada media-media promosi, antara lain : poster, booklet, dan lain-lain.

Sponsor Pendamping
Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total budget yang telah direncanakan oleh tim produksi (panitia), yaitu kompensasi yang berupa 5 % dari total dana yang dibutuhkan, senilai Rp 262.150,00. Adapun media kontraprestasi yang ditawarkan berupa : Pencantuman logo/ lambang perusahaan pada media-media promosi, antara lain : poster, booklet, dan lain-lain.

Donatur
Adalah pihak perusahaan atau perorangan yang mendukung dan memberikan bantuan sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Adapun sumbangan atau tingkay kompensasi bersifat kondisional. Sebagai balas jasa dan ucapan terimakasih dari Tim Kreatif Pensi SMA N 3 Magelang 2009/2010 atas kerjasama dengan pihak donatur, panitia akan mencantumkan nama pada leaflet acara yang akan dibagikan saat acara berlangsung.

Lain-lain
Dengan berpatsisipasi dalam acara ini, segenap panitia dan seluruh pendukung Tim Kreatif Pensi SMA N 3 Magelang 2009/2010 mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsorship dan donatur, dan dengan terselenggaranya acara ini pula diharapkan dapat meningkatkan citra dan branding image perusahaan sponsor dan para donator di dalam masyarakat.


PERNYATAAN PERSETUJUAN KERJA SAMA

Yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : …………………………….
Alamat : …………………………….
Perusahaan : …………………………….

Menyatakan bersedia menjadi ( SPONSOR …………………. / DONATUR* ) dan setuju dengan kontraprestasi yang ditawarkan serta mematuhi perjanjian dengan Tim Kreatif “PENSI 2010”.
Dan akan menyediakan dana sebesar ……………………………………………………
( Rp ………………. ) dalam bentuk ……………………………………………………..

Magelang, ………….. 20…



(………………………….).





SUSUNAN ACARA
No Waktu Acara PIC Keterangan
1 06.00-06.30 Briefing Chairila Azka N Untuk Band 15 Menit Untuk cabaret 20 menit,dan jika lebih kegiatan harus segera dihentikan oleh panitia CP Kelas selalu mendampingi Syahda (Pendamping CP) dan Pandam (Hunter)
2 06.30-07.30 Absensi, Bagi snack,dan acara siap Sie. Konsumsi
3 07.30-07.45 Sambutan
4 07.45-07.50 Opening
5 07.50-07.55 Band pemenang tahun lalu
6 07.55-08.00 MC
7 08.00-08.10 XI IA-2
8 08.10-08.15 MC
9 08.15-08.25 X-1
10 08.25-08.30 MC
11 08.30-08.40 XII IA-2
12 08.40-08.50 MC
13 08.50-09.10 XII IA-3
14 09.10-09.15 MC
15 09.15-09.25 X-4
16 09.25-09.30 MC
17 09.30-09.40 XII IS-2
18 09.40-09.45 MC
19 09.45-09.55 XI IA-1
20 09.55-10.05 MC
21 10.05-10.25 XI IA-3
22 10.25-10.30 MC
23 10.30-10.40 X-6
24 10.40-10.45 MC
25 10.45-10.55 X-5
26 10.55-11.00 MC
27 11.00-11.10 XII IS-1
28 11.10-11.20 MC
29 11.20-11.40 XI IS-2
30 11.40-11.45 MC
31 11.45-11.55 XI IS-3
32 11.55-12.00 MC
33 12.00-12.15 BREAK TIME
34 12.15-12.35 Guest Star
35 12.35-12.40 MC
36 12.40-12.50 XI IS-1
37 12.50-12.55 MC
38 12.55-13.05 XII IA-1
39 13.05-13.10 MC
40 13.10-13.20 XII IS-3
41 13.20-13.25 MC
42 13.25-13.45 X-2
43 13.45-13.50 MC
45 13.50-14.00 X-3
46 14.00-14.05 MC
47 14.05-14.25 Guest star
48 14.25-14.55 Pengumuman
49 14.55-15.00 Penutup
15.00 Bersih-bersih dan pulang

RENCANA ANGGARAN PENTAS SENI
“ Bigger World, Bigger Dream, Bigger Act for Indonesia ”
SMA Negeri 3 Magelang Jl. Medang No. 17 Phone (0293) 363116
Pemasukan Dana : Rp 7.950.000,00
Pajak 15 % : Rp 1.192.500,00
-
Rp 6.757.500,00
Pengeluaran :
1. Konsumsi
1.1 OSIS Konsumsi : @ Rp 8.000 x 30 : Rp 240.000,00
1.2 MPK Konsumsi : @ Rp 8.000 x 24 : Rp 192.000,00
1.3 Peserta Snack siswa X, XI, XII, Guru, Satpam, Parkir, dll.
: @ Rp 4.000 x 650 : Rp 2.600.000,00
1.4 Juri Konsumsi : @ Rp 8.000 x 6 : Rp 48.000,00
Snack : @ Rp 4.000 x 6 : Rp 24.000,00
1.5 Artis Konsumsi : @ Rp 8.000 x 20 : Rp 160.000,00
Snack : @ Rp 4.000 x 20 : Rp 80.000,00
+
Jumlah : Rp. 3.344.000,00
2. Penggandaan proposal dan surat undangan Rp 141.000,00
3. ID card Panitia dan Stiker 300 buah Rp 500.000,00
4. Award Rp 515.000,00
- Juara I Band Rp 145.000,00
- Juara II Band Rp 120.000,00
- Juara I Kabaret Rp 125.000,00
- Juara I Movie Maker Rp 75.000,00
- Juara II Movie Maker Rp 50.000,00
5. Fee Judge Rp 200.000,00
6. Artis Rp 1.000.000,00
7. Fee MC Rp 400.000,00
8. Sewa alat Band, Sound System, Lighting, Rp 3.000.000,00
Dokumentasi dan Video Shooting
9. Genset Rp 800.000,00
10. Property Panggung Rp 2.000.000,00
11. Keamanan dan kebersihan Rp 100.000,00
+
JUMLAH: Rp 12.000.000,00
Pemasukan Dana: Rp 6.757.000,00

Kekurangan Dana: Rp 5.243.000,00


TIM KREATIF

Airtaintment Leader : Ganang Nevangga Cahya Ardika
Finance Leader : Pandam Agung Ari Wibowo
Admin Office : Nugraheni Dinasari Haryono
Public Relation : Dini Failasufa
Public Promo : Muhammad Imam Iqbal
Public Marketing : Yosia Kusuma Wardhana Siahaan
Logistic : Bayu Ari Handoyo
Artistic Leader : Sani Yudha Febriani
Competition Leader : CROSS SMANAGA
OSIS SMANAGA

3 komentar:

  1. ini proposal waktu saya kelas dua dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Ini sebagai contoh buat siswa saya yang lagi ikut LDKS

      Hapus
    2. Kalo proposal mengajukan 2, satu untuk sekolah satu untuk sponsor apa estimasi dananya sama ?

      Hapus

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...