Senin, 30 Januari 2012

SUNNAH MEMBACA DO’A QUNUT

Hukum membaca Doa Qunut di dalam Mazhab Syafie adalah Sunat Ab'adh (sangat dianjurkan). Terdapat banyak hadits sohih yang menunjukkan bahwa Rasulullah membaca Doa Qunut pada waktu Solat Subuh antaranya :

"Dia telah ditanya adakah Nabi membaca qunut pada Solat Subuh ? Jawabnya : Ya, kemudian ditanya lagi. Adakah qunut itu sebelum rukuk ? Jawabnya : Selepas sedikit daripada rukuk.

Disebutkan oleh Imam An Nawawi (Mujtahid Fatwa dalam Mazhab Syafie) dalam kitab Al-Majmu' syarah Muhazzab jilid 3 hlm.504, maksudnya:

"Dlm mazhab Syafie disunatkan qunut pada solat subuh sama ada ketika turun bencana atau tidak. Dgn hukum inilah berpegang mayoritas ulama salaf dan orang-orang yang sesudah mereka atau kebanyakan dari mereka.

Ini diriwayatkan oleh Baihaqi dgn sanad-sanad yg sahih. Banyak orang yg termasuk tabi'in dan yg sesudah mereka berpendapat demikian. Inilah juga mazhab Ibnu Abi Laila, Hasan, Ibnu Salah, Malik dan Daud."

Hadits dari Anas ra.
“Bahwa Nabi saw. pernah qunut selama satu bulan sambil mendoakan kecelakaan atas mereka kemudian Nabi meninggalkannya. Adapun pada shalat subuh, maka Nabi melakukan qunut hingga beliau meninggal dunia” 

Hadits ini diriwayatkan oleh sekelompok huffadz dan mereka juga ikutmeriwayatkannya dan mereka juga ikut menshahihkannya. Diantara ulama yangmengakui keshahihan hadis ini adalah Hafidz Abu Abdillah Muhammad ali al-balkhidan Al-Hakim Abu Abdillah pada beberapa tempat di kitabnya serta imam Baihaqi.Hadits ini juga turut di riwayatkan oleh Darulquthni dari beberapa jalan dengansanad-sanad yang shahih.


Menurut Imam Ahmad, membaca doa qunut tidak disunnahkan meski demikian, andai imam melakukan qunut pada shalat shubuh maka seharusnya makmum tetap mengikuti qunut imam dan mengaminkan doanya sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Ahmad dalam rangka menjaga persatuan kaum muslimin.

1 komentar:

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...