KISI KISI PENULISAN NASKAH SOAL AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Pengertian
norma
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pengertian norma
|
1
|
Pembagian norma
menurut isinya
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pembagian norma
menurut isinya
|
2
|
Tujuan norma
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan tujuan diberlakukannya norma
|
3
|
Pengertian norma kesusilaan
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan pengertian norma
kesusilaan
|
4
|
Sumber norma
kesusilaan
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sumber norma kesusilaan
|
5
|
Sanksi pelanggaran norma agama
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sanksi pelangagaran
terhadap norma agama
|
6
|
Hakekat norma kesopanan
|
Disajikan macam norma. Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan norma yang bersifat khusus hanya berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu
|
7
|
Tujuan norma hukum
|
Peserta didik
dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tujuan hukum
|
8
|
Pembagin hukum menurut bentuknya
|
Disajikan macam-macam hukum. Peserta didik dapat menentukan Pembagin hukum menurut
bentuknya
|
9
|
Peraturan tertulis
|
Disajikan macam-macam hukum. Peserta didik dapat menentukan contoh macam
hukum yang termasuk peraturan tertulis
|
10
|
Lembaga peradilan umum
|
Disajikan data lembaga pengadilan. Peserta didik dapat menetukan Lembaga yang
termasuk peradilan umum
|
11
|
Hukum Pidana
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian hukum pidana
|
12
|
Perilaku yang sesuai dengan hukum
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang termasuk perilaku yang sesuai dengan hukum
|
13
|
Unsur-unsur hukum
|
Disajikan unsur-unsur hukum. Peserta didik dapat menentukan unsur-unsur
hukum
|
14
|
Norma hukum
|
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menyimpulkan penegakkan norma hukum
dalam masyarakat
|
15
|
UUD 1945 Pasal 27 ayat 1
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan isi pasal 27 ayat 1 UUD 1945
|
16
|
Manfaat melaksanakan norma hukum
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang termasuk manfaat
melaksanakan norma hukum
|
17
|
Tugas lembaga kepolisian dalam penanganan kasus hukum
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang termasuk tugas lembaga kepolisian dalam penanganan kasus hukum
|
18
|
Peradilan militer
|
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menentukan lemabag peradilan yang tepat untuk
menangani kasus
|
19
|
Pengadilan Tinggi
|
Peserta didik dapat menentukan lemabaga pengadilan yang berwenang
mengadili pada tingkat pertama
|
20
|
UUD 1945 pasal 1 ayat 3
|
Peserta didik dapat menjelaskan pernyataan UUD
1945 pasal 1 ayat 3
|
21
|
Perilakau
patuh pada norma hukum
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
termasuk perilaku patuh pada hukum
|
22
|
Norma
adat istiadat
|
Peserta didik dapat menentukan adat upacara pembakaran mayat pada
masyarakat Bali
|
23
|
Menghormati
dan menjunjung tinggi norma
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan cara yang
tepat untuk menghormati dan menjunjung tinggi norma dalam kehidupan
|
24
|
Norma
kesopanan
|
Disajikan
gambar. Peserta didik dapat menentukan norma yang sesuai dengan gambar
tersebut
|
25
|
Norma
Kesusilaan
|
Disajikan pernyataan. Pserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan kepatuhan terhadap norma kesusilaan
|
26
|
Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sesudah tahun1908
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Ciri-ciri perjuangan
bangsa Indonesia sesudah tahun1908
|
27
|
Contoh penderitaan rakyat pada masa penjajahan
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Contoh
penderitaan rakyat pada masa penjajahan
|
28
|
Faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia
memperjuangkan kemerdekaan
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan faktor
yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan
|
29
|
Arti penting kemerdekaan bagi
suatu bangsa
|
Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan arti penting kemerdekaan bagi suatu
bangsa adalah ....
|
30
|
Semangat proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik dapat menentukan
pernyataan Sikap siswa dalam usaha pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
|
31
|
Peristiwa Rengasdengklok
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan Alasan golongan muda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengas
Dengklok
|
32
|
Faktor yang mendorong bangsa Indonesia segera
memproklamasikan kemerdekaan
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkaFaktor yang mendorong bangsa Indonesia segera
memproklamasikan kemerdekaan
|
33
|
Pembacaan
Teks Proklamasi
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan tempat pertama kali naskah
Proklamasi (17 agustus 1945 ) dibacakan
|
34
|
Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
|
35
|
BPUPKI/PPKI
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan Badan yang
berperan dalam perumusan dasar negara dan UUD 1945
|
36
|
Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
37
|
Hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan pembukaan
UUD 1945
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukan hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan pembukaan UUD 1945
|
38
|
Pembukaan
UUD 1945 alinea 1
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukan alasan dihapuskannya pejajahan di atas dunia menurut pembukaan UUD
1945
|
39
|
Tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan
UUD 1945
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Tujuan
negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
|
40
|
Prinsip –prinsip dasar negara Indonesia yang terdapat
dalam UUD 1945
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Prinsip
–prinsip dasar negara Indonesia yang terdapat dalam UUD 1945
|
41
|
Alasan Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukan Alasan Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah
|
42
|
Contoh dukungan rakyat Indonesia didaerah terhadap
proklamasi kemerdekaan 1945
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan contoh dukungan
rakyat Indonesia didaerah terhadap proklamasi kemerdekaan 1945
|
43
|
Sikap setia kepada Proklamasi
Kemerdekaan RI
|
Dis Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang menunjukkan sikap
setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
|
44
|
Cinta tanah air dan bangsa
|
Disajikan gambar.
Peserta didik dapat menetukan nilai karakter pada gambar.
|
45
|
Sikap para pahlawan yang dapat diteladani
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan
Sikap para pahlawan yang dapat diteladani
|
46
|
Mempertahankan proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan Contoh bentuk
peranserta siswa dalam mengisi proklamasi kemerdekaa
|
47
|
Nilai-nilai perjuangan 1945
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan
Nilai-nilai perjuangan 1945 yang perlu diwariskan kepada generasi muda
|
48
|
Sikap yang perlu dikembangkan dalam usaha mewarisi
semangat proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan Sikap yang perlu
dikembangkan dalam usaha mewarisi semangat proklamasi kemerdekaan
|
49
|
Perilaku positip terhadap makna proklamasi kemerdekaan
RI
|
Disajikan
pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan
Perilaku positip terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar