KISI KISI PENULISAN NASKAH SOAL AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX / 1
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
No. Soal
|
Pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan
yang menunjukkan pengertian warga Negara menurut UU No 12 Tahun 2006
|
1
|
Ketentuan yang menjadi
warga negara Indonesia menurut UUD 1945
|
Peserta
didik dapat menentukan Ketentuan yang menjadi warga negara Indonesia menurut
UUD 1945
|
2
|
Sekelompok
manusia yang menjadi penghuni negara dan taat pada peraturan yang
berlaku dinegara tersebut merupakan
pengertian rakyat
|
Peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan
yang menunjukkan pengertian rakyat
|
3
|
Pengertian negara kesatuan
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan
yang menunjukkan pengertian negara kesatuan
|
4
|
Bentuk negara
|
Peserta didik dapat
menentukan pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan” Negara Indonesia adalah
negara kesatuan yang berbentuk
republik”
|
5
|
Tujuan negara
|
Peserta didik dapat
menentukan alinea dalam Pembukaan UUD 1945 berkaitan dengan tujuan nasional
bangsa Indonesia
|
6
|
Fungsi Negara
|
Peserta didik dapat
menentukan fungsi negara yang paling utama berkaitan dengan kelanjutan NKRI
|
7
|
Fungsi Negara
|
Peserta didik dapat
menentukan fungsi negara yang berkaitan dengan keadilan
|
8
|
Fungsi negara
|
Peserta didik dapat
menentukan fungsi negara yang berkaitan dengan penertiban
|
9
|
Syarat Deklaratif beridinya
suatu negara
|
Peserta didik dapat
menentukan syarat deklaratif
berdirinya suatu negara
|
10
|
Syarat
konstitutif bagi berdirinya suatu
negara
|
Peserta
didik dapat menentukan syarat konstitutif bagi berdirinya suatu negara
|
11
|
Usaha pembelaan negara
|
Disajikan
4 (empat) pilihan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan alasan usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap
warga negarra
|
12
|
Pengertian bela negara
|
Peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang menunjukkan pengertian bela negara
|
13
|
UUD 1945 Pasal 27 ayat (3)
|
Peserta didik dapat
menntukan pasal dalam UUD 1945 yang menyatakan setiap warga negera ikut serta
dalam upaya pembelaan negara
|
14
|
UUD 1945 Pasal 30 ayat (1)
|
Peserta didik dapat menntukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan ketentuan pasal 30 ayat (1)
UUD 1945 berkaitan dengan usaha pertahanan dan keamanan negara
|
15
|
Undang-Undang nomor. 3 Tahun 2002 Pasal 9 ayat (2)
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menntukkan isi
pasal 9 ayat (2) Undang-Undang nomor. 3 Tahun 2002
|
16
|
Komponen Sishankamrata
|
Peserta didik dapat
menntukan komponen utama dalam pertahanan rakyat
semesta
|
17
|
Tugas POLRI
|
Peserta didik dapat
menntukan salah satu tugas POLRI
|
18
|
Pentingnya membela dan
mempertahankan Negara oleh setiap warga negara
|
Peserta didik dapat
menntukan alasan pentingnya membela dan mempertahankan Negara oleh setiap
|
19
|
|
warga negara
|
|
Membela dan mempertahankan
Negara oleh setiap warga negara
|
Peserta didik dapat menntukan pentingnya
bela negara oleh warga negara
|
20
|
Membela dan mempertahankan
Negara oleh setiap warga negara
|
Peserta didik dapat menntukan sikap untuk mencegah ancaman yang datang dari
dalam maupun dari luar
|
21
|
Tugas TNI
|
Peserta didik dapat
menntukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tugas TNI
|
22
|
Hak dan Kewajiban warga
negara
|
Peserta didik dapat
menntukan pilihan contoh yang menunjukkan bentuk kewajiban warga negara
|
23
|
Kewajiban
utama warga negara atas
kemerdekaan
|
Peserta
didik dapat menntukan pernyataan yang menunjukkan kewajiban utama warga
negara atas
kemerdekaan
yang telah dicapai
|
24
|
Contoh ancaman yang bersifat nonmiliter
|
Peserta
didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nonmiliter
|
25
|
Contoh ancaman yang bersifat nmiliter
|
Peserta
didik dapat menntukan contoh ancaman yang bersifat nmiliter
|
26
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh bentuk
peranserta yang
mencerminkan bela negara oleh siswa
|
27
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
Peserta didik dapat menentukan bentuk peranserta warga negara apabila
terjadi gangguan keamanan
|
28
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
peserta didik dapat
menentukan contoh ancaman yang
menghancurkan moral dari dan budaya bangsa
|
29
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
Peserta didik dapat menentukan sikap terpuji jika negara diserang musuh
|
30
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh perwujudan yang mencerminkan bentuk peranserta dalam usaha
pembelaannegara di lingkungan
masyarakat
|
31
|
Bentuk peranserta dalam usaha
pembelaan negara
|
Peserta didik dapat
menentukan contoh salah satu tantangan bangsa Indonesia di
bidang sosial budaya
|
32
|
Pengertian otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pengertian
otonomi daerah
|
33
|
Landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi daerah
|
Disajikan landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi, peserta didik dapat
menentukan landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi
|
34
|
Asas otonomi daerah
|
Disajikan pernyataan, peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan asas otonomi
daerah
|
35
|
Tujuan pemberian otonomi kepada daerah
|
Disajikan pernyataan, peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan Tujuan pemberian otonomi kepada daerah
|
36
|
Kewajiban Pemerintah Daerah
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan kewajiban pemerintah daerah
|
37
|
Pentingnya pelaksanaan otonomi daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan
pentingnya pelaksanaan otonomi daerah
|
38
|
Asas Desentralisasi dalam otonomi Daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan
pengertian Asas Desentralisasi dalam otonomi Daerah
|
39
|
Tugas DPRD
|
Dissajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan yang
menunjukkan tugas DPRD
|
40
|
Badan eksekutif di daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang menjukan badan eksekutif di
daerah.
|
41
|
Syarat-syarat pemekaran daerah otonom
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan Syarat-syarat pemekaran daerah
otonomi
|
42
|
Pemerintahan Daearah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pengertian pemerintahan daerah
|
43
|
Peraturan daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang
mensahkan peraturan daerah
|
44
|
Pengertian kebijakan publik
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pengertian kebijakan publik
|
45
|
Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunjukkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan
kebijakan publik di daerah
|
46
|
Partisipasi aktif rakyat dalam perumusan kebija kan publik
|
Peserta didik dapat menentukan
pilihan pernyataan yang menunjukkan partisipasi
aktif rakyat dalam perumusan kebija
kan publik
|
47
|
Bentuk-bentuk partisipasi aktif masyarakat
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan bentuk-bentuk
partisipasi aktif masyarakat
|
48
|
Dampak positif kebijakan
publik di daerah
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang
menunjukkan dampak positif kebijakan publik di daerah
|
49
|
Dampak negatif kebijakan publik di daerah
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan dampak negatif
kebijakan publik
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar