Kamis, 26 November 2015

KISI KISI PENULISAN NASKAH SOAL AKHIR SEMESTER 1 PKN KELAS VIII

KISI KISI PENULISAN NASKAH SOAL AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VIII / 1

Materi Pokok
Indikator Soal
No. Soal
Pengertian idiologi
Peserta didik dapat menjelaskan pngertian idiologi
1
Pentingnya idiologi bagi suatu bangsa dan negara
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pentingnya idiologi bagi suatu bangsa dan negara
2
Rumusan dasar negara
Disajikan data tokoh. Peserta didik dapat menentukan pilihan yang merupakan tokoh nasional yang memberikan usul rumusan dasar negara
3
Rumusan dasar negara
Peserta didik dapat menentukan tokoh yang merumuskan dasar negara yang menyatakan Internasionalisme atau perikemanusiaan
4
Piagam Jakarta
Peserta didik dapat menentukan penentapan tanggal pengesahan Piagam Jakarta
5
Makna sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-har
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan makna sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-har
6
Alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Republik Indonesia
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan Alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Republik Indonesia
7
Pancasila sebagai idiologi negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan Pancasila sebagai idiologi negara
8
Hasil-hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 194
Disajikan data tokoh. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan  yang termasuk hasil-hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 194
9
Nil;ai-nilai Pancasila
Disajikan gambar symbol lambing negara. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang sesuai dengan symbol gambar
10
Nil;ai-nilai Pancasila 
Disajikan gambar symbol lambing negara. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan contoh bentuk sikap perwujudan pengamalan  Pancasila yang sesuai dengan simbol lambang negara
11
Nil;ai-nilai Pancasila 
Disajikan gambar symbol lambing negara. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan contoh bentuk sikap perwujudan pengamalan  Pancasila yang sesuai dengan simbol lambang negara
12

Disajikan Wacana tersebut merupakan contoh bentuk perwujudan yang mencerminkan pelaksanaan Pancasila
13
Sikap positif para pendiri bangsa terhadap Pancasila ketika akan disahkan oleh PPKI dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara

Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap positif para pendiri bangsa terhadap Pancasila ketika akan disahkan oleh PPKI
14
Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial,
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial,
15
Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila
16
Pengertian konstitusi
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian konstitusi
17
Wewenang Pengadilan HAM
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka wewenang Pengadilan HAM
18
Pemberlakuan Kontitusi
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka kurun waktu pemberlakuan konstityusi antara tahun 1950 sampai dengan  tahun 1959
19
Ciri-ciri Pemerintahan Parlementer
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka  ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer
20
Isi Dekrit Presiden
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunujukkan isi dekrit Presiden 5 Juli 1959
21
Bentuk negara masa Konstitusi RIS
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka bentuk negara Indonesia pada masa berlakunya konstitusi RIS
22
Perbedaan pokok  antara UUD 1945 dengan UUDS `1950
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka perbedaan pokok  antara UUD 1945 dengan UUDS `1950
23
Sistem Pemerintahan berdasarkan UUD 1945
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Sistem pemrintahan yang dianut oleh bangsa kita berdasarkan UUD 1945
24
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi RIS
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi RIS
25
Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa orde lama
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Penyimpangan Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa orde lama
26
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa orde baru
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa orde baru
27
Tuntutan adanya reformasi tahun 1998
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang termasuk tuntutan adanya reformasi tahun 1998
28
Landasan hukum dimungkinkannya  perubahan terhadap UUD dalam UUD 1945
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Landasan hukum dimungkinkannya  perubahan terhadap UUD dalam UUD 1945
30
Jumlah bab dan pasal dalam UUD 1945 hasil amandemen
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Jumlah bab dan pasal dalam UUD 1945 hasil amandemen
31
Lembaga negara yang baru hasil dari amandemen UUD 1945
Disajikan 4 kolom. Peserta didik dapat menentukan pilihan kolom yang menunjukkan lembaga negara yang baru hasil dari amandemen UUD 1945
32
Hasil amandemen UUD 1945 yang penting bagi bangsa Indonesia berhubungan dengan pasal 31
Penanggung jawab untuk melaksanakan UUD 1945 hasil amandemen Hasil amandemen UUD 1945 yang penting bagi bangsa Indonesia berhubungan dengan pasal 31
33
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan sikap positif yang perlu kita tunjukan terhadap UUD 1945 hasil amandemen
34
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang menunjukkan sikap positip terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen
35
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Penanggung jawab untuk melaksanakan UUD 1945 hasil amandemen
36
Tata urutan perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang Tata urutan perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
37
Prosedur tingkatan pembahasan RUU di DPR
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan prosedur tingkatan pembahasan RUU di DPR yang bena
38
RUU yang menjadi wewenang Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) untuk diajukan kepada DPR menurut UUD 1945
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan RUU yang menjadi wewenang Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) untuk diajukan kepada DPR menurut UUD 1945
39
Pihak yang mengundangkan undang-undang yang telah disyahkan oleh DPR
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Pihak yang mengundangkan undang-undang yang telah disyahkan oleh DPR
40
Contoh perbuatan patuh terhadap peraturan perundang-undangan
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Contoh perbuatan patuh terhadap peraturan perundang-undangan
41
Ketaatan terhadap undang-undang
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang menunjukan perbuatan mentaati undang – undang
42
Kesadaran hukum
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menentukan pilihan sikap yang sesuai dengan wacana
43
Taat pada peraturan sekolah
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Contoh perbuatan taat terhadap peraturan sekolah
44
Pengertian korupsi
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukan pengertian korupsi
45
Akibat adanya korupsi
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang menunjukan akibat adanya korupsi
46
Contoh perbuatan korupsi
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang menunjukkan contoh perbuatan korupsi
47
Upaya pemberantasan korupsi
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan tersebut yang merupakan upaya pemberantasan
48
Undang-undang yang mengatur tantang pencegahan dan pmberantasan tindak korupsi
Peserta didik dapat menentukan Undang-undang yang mengatur tantang pencegahan dan pmberantasan tindak korupsi
49
Tujuan utama adanya KPK
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tujuan utama adanya KPK
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...