KISI KISI PENULISAN NASKAH SOAL AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VIII / 1
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Pengertian idiologi
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pngertian idiologi
|
1
|
Pentingnya idiologi bagi suatu bangsa dan negara
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan pentingnya
idiologi bagi suatu bangsa dan negara
|
2
|
Rumusan dasar
negara
|
Disajikan data tokoh.
Peserta didik dapat menentukan pilihan yang merupakan tokoh nasional yang
memberikan usul rumusan dasar negara
|
3
|
Rumusan dasar
negara
|
Peserta didik dapat
menentukan tokoh yang merumuskan dasar negara yang menyatakan Internasionalisme
atau perikemanusiaan
|
4
|
Piagam Jakarta
|
Peserta didik dapat
menentukan penentapan tanggal pengesahan Piagam Jakarta
|
5
|
Makna sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-har
|
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan makna sila pertama Pancasila
dalam kehidupan sehari-har
|
6
|
Alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Republik Indonesia
|
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan Alasan Pancasila dijadikan
sebagai dasar negara Republik Indonesia
|
7
|
Pancasila sebagai idiologi negara
|
Peserta didik dapat
menentukan pilihan pernyataan yang mrnunjukan Pancasila sebagai idiologi
negara
|
8
|
Hasil-hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 194
|
Disajikan data tokoh. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang termasuk hasil-hasil sidang PPKI pada
tanggal 18 Agustus 194
|
9
|
Nil;ai-nilai
Pancasila
|
Disajikan gambar symbol lambing negara.
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang sesuai dengan symbol
gambar
|
10
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
Disajikan gambar symbol lambing
negara. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan contoh bentuk
sikap perwujudan pengamalan Pancasila
yang sesuai dengan simbol lambang negara
|
11
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
Disajikan
gambar symbol lambing negara. Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan contoh bentuk sikap perwujudan pengamalan Pancasila yang sesuai dengan simbol lambang
negara
|
12
|
Disajikan Wacana tersebut merupakan
contoh bentuk perwujudan yang mencerminkan pelaksanaan Pancasila
|
13
|
|
Sikap positif para pendiri bangsa terhadap Pancasila ketika akan
disahkan oleh PPKI dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan sikap
positif para pendiri bangsa terhadap Pancasila ketika akan disahkan oleh PPKI
|
14
|
Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial,
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan Sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial,
|
15
|
Sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan
pernyataan yang menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila
|
16
|
Pengertian
konstitusi
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian konstitusi
|
17
|
Wewenang
Pengadilan HAM
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka wewenang Pengadilan
HAM
|
18
|
Pemberlakuan
Kontitusi
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka kurun waktu pemberlakuan
konstityusi antara tahun 1950 sampai dengan
tahun 1959
|
19
|
Ciri-ciri
Pemerintahan Parlementer
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer
|
20
|
Isi
Dekrit Presiden
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan
yang menunujukkan isi dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
21
|
Bentuk negara masa Konstitusi RIS
|
Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang menunjuka bentuk negara Indonesia pada masa berlakunya
konstitusi RIS
|
22
|
Perbedaan pokok antara UUD 1945
dengan UUDS `1950
|
Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang menunjuka perbedaan pokok antara UUD 1945 dengan UUDS `1950
|
23
|
Sistem Pemerintahan berdasarkan UUD 1945
|
Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang menunjuka Sistem pemrintahan yang dianut oleh bangsa kita
berdasarkan UUD 1945
|
24
|
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya
konstitusi RIS
|
Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang menunjuka Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada
masa berlakunya konstitusi RIS
|
25
|
Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa orde lama
|
Peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang menunjuka Penyimpangan Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada
masa orde lama
|
26
|
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa orde baru
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka penyimpangan terhadap
UUD 1945 yang terjadi pada masa orde baru
|
27
|
Tuntutan adanya reformasi tahun 1998
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang termasuk tuntutan
adanya reformasi tahun 1998
|
28
|
Landasan hukum dimungkinkannya
perubahan terhadap UUD dalam UUD 1945
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Landasan hukum
dimungkinkannya perubahan terhadap UUD
dalam UUD 1945
|
30
|
Jumlah bab dan pasal dalam UUD 1945 hasil amandemen
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Jumlah bab
dan pasal dalam UUD 1945 hasil amandemen
|
31
|
Lembaga negara yang baru hasil dari amandemen UUD 1945
|
Disajikan 4 kolom. Peserta didik dapat menentukan pilihan kolom yang
menunjukkan lembaga negara yang baru hasil dari amandemen UUD 1945
|
32
|
Hasil amandemen UUD
1945 yang penting bagi bangsa Indonesia berhubungan dengan pasal 31
|
Penanggung jawab untuk melaksanakan UUD 1945 hasil amandemen Hasil amandemen UUD
1945 yang penting bagi bangsa Indonesia berhubungan dengan pasal 31
|
33
|
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan sikap
positif yang perlu kita tunjukan terhadap UUD 1945 hasil amandemen
|
34
|
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang
menunjukkan sikap positip terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen
|
35
|
Sikap positif UUD 1945 hasil amandemen
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Penanggung jawab untuk
melaksanakan UUD 1945 hasil amandemen
|
36
|
Tata urutan perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang Tata urutan
perundang-undangan yang benar menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
37
|
Prosedur tingkatan pembahasan RUU di DPR
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan prosedur
tingkatan pembahasan RUU di DPR yang bena
|
38
|
RUU yang menjadi
wewenang Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) untuk diajukan kepada DPR menurut
UUD 1945
|
Disajikan
Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan RUU
yang menjadi wewenang Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) untuk diajukan kepada
DPR menurut UUD 1945
|
39
|
Pihak yang mengundangkan undang-undang yang telah disyahkan oleh DPR
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Pihak yang
mengundangkan undang-undang yang telah disyahkan oleh DPR
|
40
|
Contoh perbuatan patuh terhadap peraturan perundang-undangan
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Contoh perbuatan patuh
terhadap peraturan perundang-undangan
|
41
|
Ketaatan
terhadap undang-undang
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang
menunjukan perbuatan mentaati undang – undang
|
42
|
Kesadaran
hukum
|
Disajikan wacana. Peserta didik dapat menentukan pilihan sikap yang
sesuai dengan wacana
|
43
|
Taat
pada peraturan sekolah
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjuka Contoh perbuatan taat
terhadap peraturan sekolah
|
44
|
Pengertian
korupsi
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukan pengertian
korupsi
|
45
|
Akibat
adanya korupsi
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang
menunjukan akibat adanya korupsi
|
46
|
Contoh
perbuatan korupsi
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan yang
menunjukkan contoh perbuatan korupsi
|
47
|
Upaya
pemberantasan korupsi
|
Disajikan Pernyataan. Peserta didik dapat menentukan pilihan Pernyataan tersebut
yang merupakan upaya pemberantasan
|
48
|
Undang-undang yang mengatur tantang pencegahan dan pmberantasan tindak
korupsi
|
Peserta didik dapat menentukan Undang-undang yang mengatur tantang pencegahan
dan pmberantasan tindak korupsi
|
49
|
Tujuan
utama adanya KPK
|
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukkan tujuan utama adanya KPK
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar