No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
No Soal
|
1
|
1.
Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik
wilayah dan penduduk
|
Pengaruh
Letak astronomis dan geografis
|
1
|
Terjadinya
angin muson.
|
2
|
|||
Dampak angin
muson
|
3
|
|||
4
|
||||
Batas
wilayah Indonesia
|
5
|
|||
Jenis flora dan fauna
|
6
|
|||
Jenis tanah
|
7
|
|||
1.2 Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya penanggulangannya
|
Sensus
penduduk
|
8
|
||
Faktor
penunjang dan penghambat kelahiran dan kematian
|
9
|
|||
Migrasi
penduduk
|
10
|
|||
|
|
1.3
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
|
Piramida
penduduk
|
11
|
Unsur-unsur
lingkungan
|
12
|
|||
Bentuk
kerusakan lingkungan alam
|
13
|
|||
Kerusakan
lingkungan dan upaya menanggulangi
|
14
|
|||
1.4 Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
|
Permasalahan penduduk
|
15
|
||
16
|
||||
Upaya
menanggulang permasalahan kependudukan
|
17
|
|||
2. Memahami masalah
penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi,
narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial
|
Bentuk
penyimpangan sosial di masyarakat.
|
18
|
|
Bentuk-bentuk
penyimpangan sosial dilingkungan keluarga
|
19
|
|||
Contoh penyimpangan sosial di lingkungan keluarga
|
20
|
|||
Faktor penyebab penyimpangan sosial.
|
21
|
|||
|
|
|
Media
terbentuknya perilaku menyimpang.
|
22
|
Dampak penyimpangan sosial
|
23
|
|||
3.2
Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat
|
Ciri-ciri
penyimpangan sosial primer dan skunder.
|
24
|
||
Penyimpangan
sosial dalam bentuk gaya hidup dan kejahatan.
|
25
|
|||
Pencegahan penyimpangan sosial
|
26
|
|||
2
|
2.
Memahami proses
kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
|
Faktor-
faktor penyebab dan tujuan
penjelajahan Samudra
|
27
|
Cara-
cara yang dilakukan oleh Portugis dan Belanda untuk menguasai Indonesia
|
28
|
|||
Kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh Daendels/ Raffles
|
29
|
|||
|
|
|
Perlawanan
raja- raja di Indonesia terhadap VOC
|
30
|
31
|
||||
Perlawanan
terhadap pemerintahan kolonial Belanda
|
32
|
|||
Faktor-
faktor penyebab timbulnya pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
33
|
|||
34
|
||||
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional
identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
Tokoh-tokoh
pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
35
|
||
Bentuk-
bentuk perjuangan organisasi
kebangsaan Indonesia
|
36
|
|||
Organisai-organisasi
kebangsaan Indonesia
|
37
|
|||
4
|
4. Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
|
4.1
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan
manusia yang tidak terbatas
|
Kelangkaan
|
38
|
39
|
||||
40
|
||||
4.2. Mendiskripsikan pelaku
ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan,
koperasi, dan negara
|
Pelaku utama perekonomian Indonesia
|
41
|
||
BUMN bidang jasa
|
42
|
|||
Lambang perusahaan milik negara
|
43
|
|||
Pengendali perusahaan yang berbentuk PT
|
44
|
|||
Koperasi Indonesia
|
45
|
|||
46
|
||||
4.3.Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
|
Peranan pasar bagi masyarakat
|
47
|
||
48
|
||||
49
|
||||
50
|
Rabu, 30 November 2016
KISI-KISI UAS GANJIL IPS KELAS 8 TAHUN 2016/2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SOAL PAT IPS KELAS 9
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...
-
M A K A L A H SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU (Jepang, Inggris dan Amerika Serikat) A. Pendahuluan Secara psikologis, bahwa dorongan...
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU; NEGARA FINLANDIA Pendahuluan JIka kita lihat diberita,banyak yang memberi...
-
BAB I PEMBELAAN TERHADAP NEGARA A. HAKIKAT NEGARA Menurut Max Weber, Negara adalah Suatu masyarakat yang mempunyai monop...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar