No.
Urut
|
StandarKompetensi
|
KompetensiDasar
|
MateriPokok
|
No. Soal
|
||
1
|
1. Menampilkan perilaku
yang sesuai dengan nilai-
nilai Pancasila
|
1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi negara
|
Pengertian idiologi
|
1
|
||
|
|
|
Pentingnya idiologi bagi suatu bangsa
dan negara
|
2
|
||
|
|
|
Rumusan dasar negara
|
3
|
||
|
|
|
Rumusan dasar negara
|
4
|
||
|
|
|
Makna sila pertama Pancasila
|
5
|
||
|
|
|
Rancangan hukum dasar
|
6
|
||
|
|
|
Alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar
negara Republik Indonesia
|
7
|
||
|
|
|
Pancasila sebagai idiologi negara
|
8
|
||
|
|
|
Hasil-hasil sidang PPKI pada tanggal 18
Agustus 194
|
9
|
||
|
|
1.2 Menguraikan
nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar
|
Nil;ai-nilai
Pancasila
|
10
|
||
|
|
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
11
|
||
|
|
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
12
|
||
|
|
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
13
|
||
|
|
|
Nil;ai-nilai Pancasila
|
14
|
||
|
|
1.3 Menunjukkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Sikap positif para pendiri bangsa
terhadap Pancasila ketika akan disahkan oleh PPKI dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
|
15
|
||
2. Memahami berbagai
konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
|
2.1 Menjelaskan berbagai
konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
|
Pengertiankonstitusi
|
16
|
|||
|
|
|
Fungsikonstitusi
|
17
|
||
|
|
|
Periodisasiberlakunya UUD
|
18
|
||
|
|
|
Isi UUD hasilamandemen
|
19
|
||
|
|
|
UUD 1945
|
20
|
||
|
|
|
Pembukaan UUD 1945
|
21
|
||
|
|
|
Contohperaturan
|
22
|
||
3
|
.3. Menampilkan ketaatan
terhadap perundang-
undangan nasional
|
. 3.1 Mengidentifikasi tata urutan
peraturan perundang-undangan nasional
|
Tata urutanperundang-undangan
|
23
|
||
|
|
|
Pasaldalam UUD 1945
|
24
|
||
|
|
|
Asasperumusanperaturan
|
25
|
||
|
|
|
PeraturanPemerintah
|
26
|
||
|
|
|
PeraturanPemerintah
|
27
|
||
|
|
|
|
28
|
||
|
|
|
UUD yang berlaku di negara Indonesia
kurun waktu antara tahun 1945 sampai dengan
tahun 1949
|
29
|
||
|
|
|
bentuk
negara Indonesia pada masa berlakunya konstitusi RIS
|
30
|
||
|
|
|
sistem pemrintahan yang dianut bangsa
Indonesia
|
31
|
||
|
|
2.2 Menganalisis penyimpangan-penyimpangan
terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia
|
penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi
pada masa berlakunya konstitusi RIS
|
32
|
||
|
|
|
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi
pada masa orde baru
|
33
|
||
|
|
|
lembaga-lembaga negara
|
34
|
||
|
|
|
Negara bagian Republik Indonesia menurut RIS
|
35
|
||
|
|
|
dasarhukumdiberlakukannya
UUD 1950
|
36
|
||
|
|
2.3 Menunjukkan hasil-hasil
amandemen UUD 1945
|
perubahan terhadap UUD dalam UUD 1945
|
37
|
||
|
|
|
lembaga negara yang merupakan perwakilan
daerah hasil amandemen UUD 1945
|
38
|
||
|
|
2.4
Menampilkan sikap positif
terhadap pelaksanaan UUD
1945 hasil amandemen
|
sikap positif yang perlu kita tunjukkan
terhadap UUD 1945 hasil amandemen
|
39
|
||
|
|
|
sikap positif yang perlu kita tunjukkan
terhadap UUD 1945 hasil amandemen
|
40
|
||
|
|
|
sikap positif yang perlu kita tunjukkan
terhadap UUD 1945 hasil amandemen
|
41
|
||
|
|
|
perbuatan mentaati undang-undang
|
42
|
||
|
|
|
bentuk sikap sadar hukum
|
43
|
||
|
|
|
ketaatan terhadap peraturan
|
44
|
||
|
|
3.4 Mengidentifikasi kasus korupsi
dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
|
Korupsi
|
45
|
||
|
|
|
Undang-undangkorupsi
|
46
|
||
|
|
|
|
47
|
||
|
|
3.5
Mendeskripsikan pengertian anti
korupsi dan instrumen (hukum
dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
|
Pemberantasankorupsi
|
48
|
||
|
|
|
Contohperbuatankorupsi
|
49
|
||
|
|
|
Perbuatankorupsi
|
50
|
||
Senin, 21 November 2016
KISI KISI UAS GANJL 2016 PKN KELAS VIII
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SOAL PAT IPS KELAS 9
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...
-
M A K A L A H SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU (Jepang, Inggris dan Amerika Serikat) A. Pendahuluan Secara psikologis, bahwa dorongan...
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU; NEGARA FINLANDIA Pendahuluan JIka kita lihat diberita,banyak yang memberi...
-
BAB I PEMBELAAN TERHADAP NEGARA A. HAKIKAT NEGARA Menurut Max Weber, Negara adalah Suatu masyarakat yang mempunyai monop...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar