Senin, 05 Desember 2016

KISI KISI UAS GANJIL IPA KELAS 7 TAHUN 2016-2017


Materi pokok / Pembelajaran
Indikator Soal
Nomor Soal
Besaran dan satuan :
-          Besaran Pokok
-          Besaran Turunan
-          Sistem internasional (S1)
Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat menunjukkan yang termasuk besaran
1
Disajikan tabel besaran dan satuan dan alat ukur, peserta didik dapat menunjukkan pasangan besaran pokok dan satuan SI yang benar
2
Diberikan data besaran turunan dan satuan peserta didik mampu mengkonversi dalam satuan lainnya
3
Disajikan suatu ilustrasi/pernyataan , peserta didik dapat menjelaskan besaran turunan dari pernyataan tersebut
4
-          Pengukuran
-          Panjang
-          Masa / berat
-          Waktu
-          Suhu
Disajikan gambar pengukuran dengan alat jangka sorong/mikrometer skrup, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran yang tepat
5
Disajikan gambar alat ukur volume/massa/waktu, peserta didik dapat  membaca besarnya nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur tersebut
6
Disajikan stimulus/ilustrasi tentang berat atau massa, peserta didik dapat menjelaskan pengertian berat atau massa benda
7
Disajikan gambar benda beraturan, peserta didik dapat menghitung volume benda tersebut dalam SI
8
Disajikan prinsip kerja thermometer  peserta didik dapat menjelaskan prinsip kerja dari thermometer zat cair
9
Disajikan diagram suhu skala Celsius dengan skala Fahrenheit, peserta didik dapat menentukan nilai suhu  salah satu skala  jika skala suhu lainnya diketahui
10
 Asam, Basa, dan Garam
Disajikan beberapa data  identifikasi suatu larutan, peserta didik dapat menyimpulkan sifat dari larutan tersebut
11
Disajikan tabel empat (4) larutan yang memiliki nilai pH tertentu, peserta didik   menentukan pasangan larutan yang menghasilkan campuran basa
12
Disajikan tabel larutan zat dan perubahan warna lakmus setelah dicelupkan kedalam larutan, peserta didik dapat menentukan larutan asam atau basa
13
Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan

Peserta didik dapat menjelaskan  benda-benda peralatan rumah tangga berikut ini yang mudah rusak apabila terkena
larutan asam
14
Peserta didik dapat menjelaskan gejala yang benar jika ekstrak bunga sepatu merah digunakan sebagai indikator asam basa
15
Unsur Kimia
Peserta didik dapat menunjukkan contoh senyawa dan campuran  dalam kehidupan sehari-hari
16
Peserta didik dapat membedakan sifat unsur, senyawa dan campuran
17
Disajikan rumus kimia beberapa zat, peserta didik dapat menentukan rumus kimia molekul unsur atau molekul senyawa.
18
Wujud Zat
Disajikan tabel zat/gambar beberapa wujud benda, peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat zat padat/cair/gas
19
Disajikan contoh contoh peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menentukan perubahan wujud zat yang memerlukan kalor
20
Disajikan gambar partikel zat padat, zat cair, dan zat gas, peserta didik dapat menjelaskan sifat salah satu zat padat atau zat cair atau zat gas berdasarkan karakteristik yang dimilikinya.
21
Massa Jenis
Peserta didik dapat menunjukkan penerapan pengetahuan tentang  massa jenis dalam teknologi
22
Disajikan gambar percobaan 3 buah benda yang berada di dalam cairan yang sama, peserta didik mampu menyimpulkan hasil percobaan tersebut
23
Disajikan pengukuran besaran  suatu benda melalui gambar, peserta didik dapat menghitung besaran yang berhubungan dengan massa jenis.
24
Pemuaian Zat
Disajikan alat musschenbroek dengan batang logam alumunium, kuningan, dan besi (tampilkan tabel koefisien muai panjang logam tersebut), peserta didik dapat menjelaskan pemuaian zat tersebut.
25
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pernyataan yang menunjukkan bahwa pemuaian zat tertentu lebih besar daripada pemuaian zat lain.
26
Diberikan gambar bentuk bimetal sebelum dipanaskan dan sesudah dipanaskan, peserta didik dapat menunjukkan pasangan logam yang tepat berdasarkan tabel angka muai panjang yang disajikan
27
Kalor
Peserta didik dapat menjelaskan perpindahan kalor secara konveksi/konduksi/radiasi dalam kehidupan sehari-hari
28
Disajikan diagram perubahan wujud zat, peserta didik dapat menunjukkan perubahan yang menyerap kalor dan  atau melepaskan kalor
29
Disajikan grafik kalor-suhu pada perubahan wujud dan kenaikan suhu benda, peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan jika parameter lain diketahui
30
Sifat Fisika
dan Sifat Kimia
Disajikan daftar beberapa sifat zat, peserta didik dapat menunjukkan sifat fisika atau sifat kimia
31
Disajikan daftar perubahan benda yang terjadi di sekitar kehidupan sehari-hari peserta didik dapat  menunjukkan perubahan kimia dan atau perubahan fisika
32
Disajikan tabel data hasil percobaan daya hantar listrik berbagai larutan, peserta didik dapat menentukan  golongan elekrolit lemah
33
Pemisahan Campuran
Peserta didik dapat menjelaskan prinsip kerja salah satu cara pemisahan campuran
34
Diberikan stimulus gambar salah satu kegiatan pemisahan campuran, peserta didik dapat menjelaskan cara pemisahan campuran dimaksud
35
Peserta didik dapat menentukan cara yang paling tepat untuk memisahkan sebuah campuran disusun oleh dua zat yangmemiliki perbedaan kelarutan dalam air.
36
Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Disajikan data tentang beberapa peristiwa perubahan zat,  peserta didik dapat membedakan perubahan fisika dengan perubahan kimia pada zat
37
Disajikan daftar perubahan benda yang terjadi di sekitar kehidupan sehari-hari peserta didik dapat memberikan contoh perubahan kimia atau perubahan fisika
38
Reaksi Kimia
Disajikan rumus molekul suatu senyawa, peserta didik dapat menentukan salah satu jumlah atom penyusun  senyawa tersebut
39
Disajikan rumus kimia beberapa zat, peserta didik dapat menentukan rumus kimia unsur atau senyawa.
40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...