Materi pokok
/ Pembelajaran
|
Indikator
Soal
|
Nomor Soal
|
Besaran dan satuan :
-
Besaran Pokok
-
Besaran Turunan
-
Sistem internasional (S1)
|
Disajikan
beberapa pernyataan peserta didik dapat menunjukkan yang termasuk besaran
|
1
|
Disajikan
tabel besaran dan satuan dan alat ukur, peserta didik dapat menunjukkan
pasangan besaran pokok dan satuan SI yang benar
|
2
|
|
Diberikan
data besaran turunan dan satuan peserta didik mampu mengkonversi dalam satuan
lainnya
|
3
|
|
Disajikan
suatu ilustrasi/pernyataan , peserta didik dapat menjelaskan besaran turunan
dari pernyataan tersebut
|
4
|
|
-
Pengukuran
-
Panjang
-
Masa / berat
-
Waktu
-
Suhu
|
Disajikan gambar
pengukuran dengan alat jangka sorong/mikrometer skrup, peserta didik dapat
menentukan hasil pengukuran yang tepat
|
5
|
Disajikan gambar
alat ukur volume/massa/waktu, peserta didik dapat membaca besarnya nilai
yang ditunjukkan oleh alat ukur tersebut
|
6
|
|
Disajikan stimulus/ilustrasi tentang berat atau massa, peserta didik dapat menjelaskan pengertian berat atau massa benda
|
7
|
|
Disajikan gambar benda beraturan, peserta didik
dapat menghitung volume benda tersebut dalam SI
|
8
|
|
Disajikan prinsip kerja thermometer peserta didik dapat menjelaskan prinsip
kerja dari thermometer zat cair
|
9
|
|
Disajikan diagram suhu skala Celsius
dengan skala Fahrenheit, peserta didik dapat menentukan nilai suhu salah satu skala jika skala suhu lainnya diketahui
|
10
|
|
Asam, Basa, dan Garam
|
Disajikan
beberapa data identifikasi suatu larutan, peserta didik
dapat menyimpulkan sifat
dari larutan tersebut
|
11
|
Disajikan
tabel empat (4) larutan yang memiliki nilai pH tertentu, peserta didik menentukan pasangan larutan yang
menghasilkan campuran basa
|
12
|
|
Disajikan tabel larutan zat dan
perubahan warna lakmus
setelah dicelupkan kedalam larutan, peserta didik dapat menentukan larutan asam atau basa
|
13
|
|
Sifat Asam Basa Pada Bahan
Makanan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan benda-benda
peralatan rumah tangga berikut ini yang mudah rusak apabila terkena
larutan asam
|
14
|
Peserta didik dapat menjelaskan gejala yang
benar jika ekstrak bunga sepatu merah digunakan sebagai indikator asam basa
|
15
|
|
Unsur Kimia
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh
senyawa dan campuran dalam kehidupan
sehari-hari
|
16
|
Peserta didik dapat membedakan sifat unsur, senyawa dan campuran
|
17
|
|
Disajikan rumus kimia beberapa zat,
peserta didik dapat menentukan rumus kimia molekul unsur atau molekul senyawa.
|
18
|
|
Wujud Zat
|
Disajikan tabel zat/gambar beberapa wujud benda, peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat zat padat/cair/gas
|
19
|
Disajikan contoh contoh peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menentukan perubahan wujud zat yang memerlukan kalor
|
20
|
|
Disajikan gambar partikel zat padat, zat cair, dan zat gas, peserta didik dapat menjelaskan sifat salah satu zat padat atau zat cair atau
zat gas berdasarkan karakteristik
yang dimilikinya.
|
21
|
|
Massa Jenis
|
Peserta didik dapat menunjukkan
penerapan pengetahuan tentang massa
jenis dalam teknologi
|
22
|
Disajikan
gambar percobaan 3 buah
benda yang berada di dalam cairan
yang sama, peserta didik
mampu menyimpulkan hasil percobaan tersebut
|
23
|
|
Disajikan pengukuran besaran suatu
benda melalui gambar, peserta didik dapat menghitung besaran yang berhubungan
dengan massa jenis.
|
24
|
|
Pemuaian Zat
|
Disajikan alat musschenbroek dengan
batang logam alumunium, kuningan, dan besi (tampilkan tabel koefisien muai
panjang logam tersebut), peserta didik dapat menjelaskan pemuaian zat tersebut.
|
25
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menunjukkan pernyataan yang menunjukkan bahwa pemuaian zat tertentu
lebih besar daripada pemuaian zat lain.
|
26
|
|
Diberikan gambar bentuk
bimetal sebelum dipanaskan dan sesudah dipanaskan, peserta didik dapat menunjukkan pasangan logam yang tepat
berdasarkan tabel angka muai panjang yang disajikan
|
27
|
|
Kalor
|
Peserta didik dapat menjelaskan
perpindahan kalor secara konveksi/konduksi/radiasi dalam
kehidupan sehari-hari
|
28
|
Disajikan diagram perubahan wujud zat,
peserta didik dapat menunjukkan perubahan yang menyerap kalor dan atau
melepaskan kalor
|
29
|
|
Disajikan grafik kalor-suhu pada perubahan wujud dan kenaikan suhu benda, peserta didik dapat menentukan jumlah
kalor yang diperlukan jika parameter lain diketahui
|
30
|
|
Sifat Fisika
dan Sifat Kimia
|
Disajikan
daftar beberapa sifat zat, peserta didik dapat menunjukkan sifat fisika atau
sifat kimia
|
31
|
Disajikan
daftar perubahan benda yang terjadi di sekitar kehidupan sehari-hari peserta
didik dapat menunjukkan perubahan kimia dan atau perubahan fisika
|
32
|
|
Disajikan tabel data hasil
percobaan daya hantar listrik berbagai larutan, peserta didik dapat
menentukan golongan elekrolit lemah
|
33
|
|
Pemisahan Campuran
|
Peserta
didik dapat menjelaskan prinsip kerja salah satu cara pemisahan campuran
|
34
|
Diberikan stimulus gambar salah satu
kegiatan pemisahan campuran, peserta didik dapat menjelaskan cara pemisahan campuran dimaksud
|
35
|
|
Peserta didik dapat menentukan cara yang paling tepat untuk
memisahkan sebuah campuran disusun oleh dua zat yangmemiliki perbedaan
kelarutan dalam air.
|
36
|
|
Perubahan Fisika dan
Perubahan Kimia
|
Disajikan data tentang beberapa peristiwa perubahan
zat, peserta didik
dapat membedakan perubahan
fisika dengan perubahan kimia pada zat
|
37
|
Disajikan daftar perubahan benda yang terjadi di
sekitar kehidupan sehari-hari peserta didik dapat memberikan contoh perubahan
kimia atau perubahan fisika
|
38
|
|
Reaksi Kimia
|
Disajikan rumus molekul suatu senyawa, peserta didik dapat menentukan salah satu jumlah
atom penyusun senyawa tersebut
|
39
|
Disajikan rumus kimia beberapa zat,
peserta didik dapat menentukan rumus kimia unsur atau senyawa.
|
40
|
Senin, 05 Desember 2016
KISI KISI UAS GANJIL IPA KELAS 7 TAHUN 2016-2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SOAL PAT IPS KELAS 9
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...
-
M A K A L A H SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU (Jepang, Inggris dan Amerika Serikat) A. Pendahuluan Secara psikologis, bahwa dorongan...
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU; NEGARA FINLANDIA Pendahuluan JIka kita lihat diberita,banyak yang memberi...
-
BAB I PEMBELAAN TERHADAP NEGARA A. HAKIKAT NEGARA Menurut Max Weber, Negara adalah Suatu masyarakat yang mempunyai monop...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar