Senin, 05 Desember 2016

KISI KISI UAS GANJIL MATEMATIKA KELAS 9 TAHUN 2016-2017


No.
Kompetensi Dasar
Indikator
No
Soal




1
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

·         Diberikan 4 pasang bangun datar,  pesertadidikdapat menentukan pasangan bangun yang pasti sebangun
·         Diberikan   banguntrapesium yang diketahui ukuran panjang sisi dan sudutnya, kemudian diberikan 4 benda berbeda  berbentuk segiempat dengan ukuran  berbeda,   peserta didik dapat menentukan salah satu benda yang  sebangun dengan benda semula
·         Diberikan 6bangun segiempat,  pesertadidikdapat menentukan  pasangan bangun yang kongruen
·         Diberikan gambar bangun dua trapesium sebangun, siswa dapat menentukan ukuran  salah satu segiempat jika ukuran pada kedua  trapesium yang diperlukan diketahui
1

2





3

4
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen









·         Diberikan dua segitiga kongruen (tanpa gambar)  yang masing-masing diketahui besar  ke-2 sudutnya,  pesertadidikdapat menentukan pasangan sisi yang sama panjang
·         Peserta didik dapat menentukan pasangan sisi yang sama panjang, jika dua segitiga kongruen (tanpa gambar)  yang masing-masing diketahui besar  ke-2 sudutnya
·         Disajikan gambar yang memuat beberapa segitiga, pesertadidikdapat menentukan banyak pasangan segitiga yang kongruen
·         Disajikan sebuah gambar yang memuat dua gambar segitiga sebangun ,  pesertadidikdapat menentukan pasangan sudut yang sama besar.
·         Disajikan sebuah gambar yang memuat dua gambar segitiga sebangun, pesertadidikdapat menentukan panjang sisi atau ruas garis  jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
·         Diberikan sebuah gambar yang memuat gambar dua segitiga kongruen dan unsur yang diperlukan diketahui,  pesertadidikdapat menentukan syarat  kedua segitiga itu  kongruen

5




6



7


8


9

1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep  kesebangunan segitiga
( menentukan tinggi sebuah pohon)
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan konsep kesebangunan  pada persegipanjang.
( foto pada karton)
·         Diberikan gambar trapesium yang dilukis garis  dari salah satu kakinya sejajar alasnya sehingga ada 3 garis sejajar yang terbentuk,  pesertadidikdapat menentukan panjang salah satu garis sejajar jika unsur yang diperlukan diketahui

10

11



12

2
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
·         Peserta didik dapat menentukan banyaknya   rusuk  pada bangun ruang sisi lengkung (kerucut)
·         Peserta didik dapat menentukan banyaknya rusuk atau sisi, jika diberikan benda berbentuk tabung yang dipotong

13


14

2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
·         Pesertadidikdapat menghitung volum  kerucut, jika tinggi dan jari-jari atau diameter alas diketahui
·         Pesertadidikdapat menghitung luas permukaan tabung,  jika panjang diameter  atau jari-jari alas dan tinggi diketahui
·         Pesertadidikdapat menghitung volum bola yang diketahui luas permukaan bola. (
·         dapat menghitung volum tabung,  jika unsur yang diperlukan  diketahui
·         Pesertadidikdapat menghitung luas selimut  kerucut,  jika   unsur yang diperlukan  diketahui
15



16


17

18

19

2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola

·         Diberikan gambar benda gabungan yang terbentuk oleh dua bangun ruang sisi lengkung, peserta didik dapat menentukan luas permukaannya  jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui. ( kerucut dan Bola)
·         Diberikan gambar benda gabungan yang terbentuk oleh dua atau tiga bangun ruang sisi lengkung, peserta didik dapat menentukan volumnya  jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bola atau kerucut
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum tabung 
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan  masalah yang berkaitan dengan luas atau volum bangun ruang sisi lengkung
20




21



22

23

24
3
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
·         Pesertadidikdapat menentukan nilai modus dari sejumlah data tunggal
·         Pesertadidikdapat menentukan nilai rata-rata dari sejumlah data tunggal
·         Diberikannilairata-ratasebuah data yang salahsatudatanyadalambentuk variable,  pesertadidikdapatmenentukannilaimedianyanya
·         Pesertadidikdapat menyelesaika soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata
25

26


27


28
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
·         Pesertadidikdapat menentukan median dari data pada tabel frekuensi
·         Pesertadidikdapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari nilai tertentu  pada tabel frekwensi
·         Pesertadidikdapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai rata-rata  pada tabel frekwensi
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal  yang berkaitan dengan diagram  batang atau diagram garis
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal  yang berkaitan dengan diagram  lingkaran
29


30


31


32


33
4
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
·         Diberikan suatu percobaan melambungkan  dua buah dadu, pesertadidikdapat menentukan banyak titik sampel kejadian tertentu
·         Diberikan  n  buah bola yang bernomor urut 1, 2, 3,  ...n. peserta didik  dapat menentukan banyak seluruh anggota ruang sampelnya  jika diambil secara acak 2 atau 3 buah bola sekaligus
34


35


4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
·         Peserta didik  dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan melempar sebuah dadu.
·         Peserta didik  dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan melempar sebuah dadu dan sebuah koin secara bersamaan.
·         Peserta didik  dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan melempar 4 buah uang logam
·         Peserta didik  dapat menentukan peluang kejadian tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik  dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan peluang
36


37

38

39

40




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...