No.
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1.
|
Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup
|
Peserta didik dapat menentukan faktor
eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup, dari beberapa pernyataan yang disajikan
|
1.
|
|
|
Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan
pertumbuhan/perkembangan pada makhluk hidup, dengan disajikan beberapa
pernyataan ciri pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
|
2.
|
|
|
Disajikan data/tabel/gambar Peserta didik dapat
membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
|
3
|
|
|
Peserta didik dapat membedakan pertumbuhan primer dan
sekunder pada tumbuhan
|
4
|
|
Tahapan
Perkembangan Manusia
|
Disajikan gambar tahapan perkembangan manusia (bayi /
anak-anak), peserta didik dapat mendeskripsikan perkembangan yang terjadi
pada tahap tersebut dengan benar.
|
5.
|
|
|
Diberikan beberapa pernyataan tentang perkembangan ciri
kelamin sekunder anak remaja, peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri
kelamin sekunder pada usia
remaja pria/wanita
|
6.
|
|
|
Peserta didik dapat membedakan ciri anak anak dan
remaja
|
7.
|
|
Sistem Gerak pada
Manusia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nama dan fungsinya
bagian dari struktur anatomi/jaringan tulang berdasarkan gambar yang
disajikan
|
8.
|
|
|
Disajikan
tabel nama-nama tulang, peserta didik dapat menentukan
nama tulang tertentu berdasarkan sifatnya/bentuknya.
|
9
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan gerak pronasi/fleksi/supinasi/ekstensi jika tulang
tulang tertentu melakukan gerakan tertentu
|
10.
|
|
|
Disajikan gambar
persendian tertentu, peserta didik dapat menentukan nama sendi dan arah
gerak yang ditimbulkannya.
|
11.
|
|
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri otot
lurik/polos/jantung dengan benar, berdasarkan gambar dan atau ciri ciri otot
yang disajikan
|
12.
|
|
|
Disajikan
gambar/pernyataan/ciri ciri
kelainan atau penyakit pada tulang/otot,
peserta didik dapat menyimpulkan
jenis kelainan
atau penyakit
tersebut
|
13.
|
|
Sistem Pencernaan
Pada
Manusia
|
Disajikan
data/tabel/pernyataan hasil percobaan uji makanan, peserta didik
dapat menyimpulkan hasil tersebut.
|
14.
|
|
|
Disajikan
tabel/data pencernaan/organ pencernaan/ saluran pencernaan, peserta didik dapat memasangkan antara organ,
dengan enzim yang dihasilkan dengan fungsinya secara tepat.
|
15.
|
|
|
Diberikan
gejala/kasus kelainan/penyakit yang terjadi pada
sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan
jenis penyakit/cara pecegahannya
|
16.
|
|
Sistem Pernapasan
|
Disajikan pernyataan proses pernapasan pada manusia,
peserta didik dapat menjelaskan proses pernapasan
dada/perut
|
17.
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan fungsi jaringan tertentu dalam sistem pernapasan.
|
18.
|
|
|
Diberikan
contoh aktivitas manusia saat
bernapas, peserta didik dapat menentukan jumlah udara tertentu sesuai dengan
kapasitas paru-paru.
|
19.
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia.
|
20.
|
|
Sistem Peredaran Darah
|
Disajikan pernyataan
ciriciri sel darah, peserta didik dapat menjelaskan struktur sel darah
tertentu
|
21.
|
|
|
Disajikan gambar organ peredaran darah, siswa dapat
menjelaskan proses/aliran peredaran darah pada organ tersebut
|
22.
|
|
|
Disajikan ilustrasi tentang luka pada bagian
tubuh manusia/ gambar skema proses pembekuan darah, peserta didik
dapat menentukan zat yang menentukan/terlibat dalam proses pembekuan darah
tersebut.
|
23.
|
|
|
Disajikan suatu kasus mengenai
penyakit/kelainan pada sistem peredaran darah, peserta didik dapat
menjelaskan cara pencegahan
kelainan/ penyakit tersebut.
|
24.
|
2.
|
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
|
Disajikan gambar anatomi organ tumbuhan, peserta didik
dapat menjelaskan
nama jaringan penyusunnya dan fungsinya
|
25.
|
|
|
Disajikan beberapa
deskripsi suatu jaringan tumbuhan, peserta
didik dapat menentukan nama/jenis
jaringan tersebut.
|
26.
|
|
|
Peserta
didik dapat menentukan
pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil
berdasarkan struktur jaringan penyusunnya
|
27.
|
|
Fotosintesis pada Tumbuhan.
|
Peserta didik dapat melengkapi reaksi kimia
fotosintesis dengan benar
|
28.
|
|
|
Disajikan diagram/langkah percobaan fotosintesis peserta
didik dapat menentukan
tujuan kegiatan pada diagram/ langkah tertentu yang dilakukan.
|
29.
|
|
Macam-macam Gerak pada Tumbuhan
|
Disajikan gambar tumbuhan yang diberi stimulus,
peserta didik dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh
tertentu.
|
30.
|
|
|
Disajikan gambar percobaan gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat
menjelaskan gerak yang dilakukan berdasarkan konsep gerak pada tumbuhan
|
31.
|
|
Hama dan Penyakit pada Tanaman
|
Disajikan data contoh/ciri ciri kerusakan pada beberapa
tumbuhan, peserta didik dapat menentukan penyebab kerusakan tersebut
|
32.
|
3.
|
Atom, Ion dan Molekul.
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang konsep atom/ion/molekul,
peserta didik dapat menentukan konsep yang benar tentang atom/ion/molekul
|
33.
|
|
|
Disajikan daftar komposisi dari produk kimia sehari-hari,
peserta didik dapat menentukan ion/unsur/molekul penyusun produk tersebut.
|
34.
|
|
|
Disajikan contoh model molekul unsur dan molekul
senyawa, peserta didik dapat menentukan
model yang merupakan molekul senyawa
|
35.
|
4.
|
Bahan Kimia dalam Kehidupan
|
Diberikan data beberapa jenis bahan kimia yang ada di
rumah, peserta didik dapat menentukan bahan kimia yang berguna sebagai pembersih.
|
36.
|
|
|
Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam
kehidupan sehari hari, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dan dan
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam makanan
|
37.
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan contoh bahan bahan
kimia alami dan bahan bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan
pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan
kemasan
|
38.
|
|
|
Diberikan beberapa pernyataan tentang pengaruh zat
adiktif, peserta didik dapat menentukan pengaruh zat
adiktif/psikotropika terhadap kesehatan.
|
39.
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari bahan
kimia adiktif dan obat psikotropika
|
40.
|
Senin, 05 Desember 2016
KISI KISI UAS GANJIL IPA KLEAS 8 TAHUN 2016-2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SOAL PAT IPS KELAS 9
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...
-
M A K A L A H SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU (Jepang, Inggris dan Amerika Serikat) A. Pendahuluan Secara psikologis, bahwa dorongan...
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU; NEGARA FINLANDIA Pendahuluan JIka kita lihat diberita,banyak yang memberi...
-
BAB I PEMBELAAN TERHADAP NEGARA A. HAKIKAT NEGARA Menurut Max Weber, Negara adalah Suatu masyarakat yang mempunyai monop...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar