| 
No. | 
Materi | 
Indikator | 
No.
  Soal | 
| 
1. | 
Pertumbuhan
  dan Perkembangan Makhluk Hidup | 
Peserta didik dapat menentukan faktor
  eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada
  makhluk hidup, dari beberapa pernyataan yang disajikan | 
1. | 
|  |  | 
Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan
  pertumbuhan/perkembangan pada makhluk hidup, dengan disajikan beberapa
  pernyataan ciri pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup | 
2. | 
|  |  | 
Disajikan data/tabel/gambar Peserta didik dapat
  membandingkan metamorfosis dan metagenesis. | 
3 | 
|  |  | 
Peserta didik dapat membedakan pertumbuhan primer dan
  sekunder pada tumbuhan | 
4 | 
|  | 
Tahapan
  Perkembangan Manusia | 
Disajikan gambar tahapan perkembangan manusia (bayi /
  anak-anak), peserta didik dapat mendeskripsikan perkembangan yang terjadi
  pada tahap tersebut dengan benar. | 
5. | 
|  |  | 
Diberikan beberapa pernyataan tentang perkembangan ciri
  kelamin sekunder anak remaja, peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri
  kelamin sekunder pada usia
  remaja pria/wanita | 
6. | 
|  |  | 
Peserta didik dapat membedakan ciri anak anak dan
  remaja | 
7. | 
|  | 
Sistem Gerak pada 
Manusia | 
Peserta
  didik dapat menyebutkan nama  dan fungsinya
  bagian dari struktur anatomi/jaringan tulang berdasarkan gambar yang
  disajikan  | 
8. | 
|  |  | 
Disajikan
  tabel nama-nama tulang, peserta didik dapat menentukan 
  nama tulang tertentu berdasarkan sifatnya/bentuknya. | 
9 | 
|  |  | 
Peserta
  didik dapat menjelaskan gerak pronasi/fleksi/supinasi/ekstensi jika tulang
  tulang tertentu melakukan gerakan tertentu  | 
10. | 
|  |  | 
Disajikan gambar
  persendian tertentu, peserta didik dapat menentukan  nama sendi dan arah
  gerak yang ditimbulkannya. | 
11. | 
|  |  | 
Peserta
  didik dapat mengidentifikasi ciri otot
  lurik/polos/jantung dengan benar, berdasarkan gambar dan atau ciri ciri otot
  yang disajikan | 
12. | 
|  |  | 
Disajikan
  gambar/pernyataan/ciri ciri
  kelainan atau penyakit pada tulang/otot,
  peserta didik dapat menyimpulkan
  jenis kelainan
  atau penyakit
  tersebut  | 
13. | 
|  | 
Sistem Pencernaan 
Pada
  Manusia | 
Disajikan
  data/tabel/pernyataan hasil percobaan uji makanan, peserta didik
  dapat menyimpulkan hasil tersebut. | 
14. | 
|  |  | 
Disajikan
  tabel/data pencernaan/organ pencernaan/ saluran pencernaan, peserta didik dapat memasangkan antara organ,
  dengan enzim yang dihasilkan dengan fungsinya secara tepat. | 
15. | 
|  |  | 
Diberikan
  gejala/kasus kelainan/penyakit yang terjadi pada
  sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan
  jenis penyakit/cara pecegahannya | 
16. | 
|  | 
Sistem Pernapasan | 
Disajikan pernyataan proses pernapasan pada manusia,
  peserta didik dapat menjelaskan proses pernapasan
  dada/perut | 
17. | 
|  |  | 
Peserta didik dapat
  menjelaskan fungsi jaringan tertentu dalam sistem pernapasan. | 
18. | 
|  |  | 
Diberikan
  contoh  aktivitas manusia saat
  bernapas, peserta didik dapat menentukan jumlah udara tertentu sesuai dengan
  kapasitas paru-paru. | 
19. | 
|  |  | 
Peserta
  didik dapat menjelaskan penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia. | 
20. | 
|  | 
Sistem Peredaran Darah | 
Disajikan pernyataan
  ciriciri sel darah, peserta didik dapat menjelaskan struktur sel darah
  tertentu | 
21. | 
|  |  | 
Disajikan gambar organ peredaran darah, siswa dapat
  menjelaskan proses/aliran peredaran darah pada organ tersebut | 
22. | 
|  |  | 
Disajikan ilustrasi tentang luka pada bagian
  tubuh manusia/ gambar skema proses pembekuan darah, peserta didik
  dapat menentukan zat yang menentukan/terlibat dalam proses pembekuan darah
  tersebut. | 
23. | 
|  |  | 
Disajikan suatu kasus mengenai
  penyakit/kelainan pada sistem peredaran darah, peserta didik dapat
  menjelaskan cara pencegahan
  kelainan/ penyakit tersebut. | 
24. | 
| 
2. | 
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | 
Disajikan gambar anatomi organ tumbuhan, peserta didik
  dapat menjelaskan
  nama jaringan penyusunnya dan fungsinya  | 
25. | 
|  |  | 
Disajikan beberapa
  deskripsi suatu jaringan tumbuhan,  peserta
  didik dapat menentukan nama/jenis
  jaringan tersebut. | 
26. | 
|  |  | 
Peserta
  didik dapat menentukan
  pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil
  berdasarkan struktur jaringan penyusunnya | 
27. | 
|  | 
Fotosintesis pada Tumbuhan. | 
Peserta didik dapat melengkapi reaksi kimia
  fotosintesis dengan benar | 
28. | 
|  |  | 
Disajikan diagram/langkah percobaan fotosintesis peserta
  didik dapat menentukan
  tujuan kegiatan pada diagram/ langkah tertentu yang dilakukan. | 
29. | 
|  | 
Macam-macam Gerak pada Tumbuhan | 
Disajikan gambar tumbuhan yang diberi stimulus,
  peserta didik dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh
  tertentu. | 
30. | 
|  |  | 
Disajikan gambar percobaan  gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat
  menjelaskan gerak yang dilakukan berdasarkan konsep gerak pada tumbuhan | 
31. | 
|  | 
Hama dan Penyakit pada Tanaman | 
Disajikan data contoh/ciri ciri kerusakan pada beberapa
  tumbuhan, peserta didik dapat menentukan penyebab kerusakan tersebut | 
32. | 
| 
3. | 
Atom, Ion dan Molekul. | 
Disajikan beberapa pernyataan tentang konsep atom/ion/molekul,
  peserta didik dapat menentukan konsep yang benar tentang atom/ion/molekul | 
33. | 
|  |  | 
Disajikan daftar komposisi dari produk kimia sehari-hari,
  peserta didik dapat menentukan ion/unsur/molekul penyusun produk tersebut. | 
34. | 
|  |  | 
Disajikan contoh model molekul unsur dan molekul
  senyawa, peserta didik dapat menentukan 
  model yang merupakan molekul senyawa | 
35. | 
| 
4. | 
Bahan Kimia dalam Kehidupan | 
Diberikan data beberapa jenis bahan kimia yang ada di
  rumah, peserta didik dapat menentukan bahan kimia yang berguna sebagai pembersih. | 
36. | 
|  |  | 
Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam
  kehidupan sehari hari, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dan dan
  efek samping bahan kimia yang terdapat dalam makanan | 
37. | 
|  |  | 
Peserta didik dapat menyebutkan contoh bahan bahan
  kimia alami dan bahan bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan
  pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan
  kemasan | 
38. | 
|  |  | 
Diberikan beberapa pernyataan tentang pengaruh zat
  adiktif, peserta didik dapat menentukan pengaruh zat
  adiktif/psikotropika terhadap kesehatan. | 
39. | 
|  |  | 
Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari bahan
  kimia adiktif dan obat psikotropika | 
40. | 
Senin, 05 Desember 2016
KISI KISI UAS GANJIL IPA KLEAS 8 TAHUN 2016-2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SOAL PAT IPS KELAS 9
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20 Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...
- 
a. Salin soal-soal berikut ke Microsoft Word b. Isilah soal dengan jawaban yang tepat c. Simpan File dengan nama Tugas IPS Kls 7.Doc d. ...
- 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU; NEGARA FINLANDIA Pendahuluan JIka kita lihat diberita,banyak yang memberi...
- 
M A K A L A H SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA MAJU (Jepang, Inggris dan Amerika Serikat) A. Pendahuluan Secara psikologis, bahwa dorongan...
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar