Senin, 05 Desember 2016

KISI KISI UAS GANJIL IPA KLEAS 8 TAHUN 2016-2017


No.
Materi
Indikator
No. Soal
1.
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Peserta didik dapat menentukan faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup, dari beberapa pernyataan yang disajikan
1.


Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan pertumbuhan/perkembangan pada makhluk hidup, dengan disajikan beberapa pernyataan ciri pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
2.


Disajikan data/tabel/gambar Peserta didik dapat membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
3


Peserta didik dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan
4

Tahapan Perkembangan Manusia
Disajikan gambar tahapan perkembangan manusia (bayi / anak-anak), peserta didik dapat mendeskripsikan perkembangan yang terjadi pada tahap tersebut dengan benar.
5.


Diberikan beberapa pernyataan tentang perkembangan ciri kelamin sekunder anak remaja, peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri kelamin sekunder pada usia remaja pria/wanita
6.


Peserta didik dapat membedakan ciri anak anak dan remaja
7.

Sistem Gerak pada
Manusia
Peserta didik dapat menyebutkan nama  dan fungsinya bagian dari struktur anatomi/jaringan tulang berdasarkan gambar yang disajikan
8.


Disajikan tabel nama-nama tulang, peserta didik dapat menentukan  nama tulang tertentu berdasarkan sifatnya/bentuknya.
9


Peserta didik dapat menjelaskan gerak pronasi/fleksi/supinasi/ekstensi jika tulang tulang tertentu melakukan gerakan tertentu

10.


Disajikan gambar persendian tertentu, peserta didik dapat menentukan  nama sendi dan arah gerak yang ditimbulkannya.
11.


Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri otot lurik/polos/jantung dengan benar, berdasarkan gambar dan atau ciri ciri otot yang disajikan
12.


Disajikan gambar/pernyataan/ciri ciri kelainan atau penyakit pada tulang/otot, peserta didik dapat menyimpulkan jenis kelainan atau penyakit tersebut
13.

Sistem Pencernaan
Pada Manusia
Disajikan data/tabel/pernyataan hasil percobaan uji makanan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil tersebut.
14.


Disajikan tabel/data pencernaan/organ pencernaan/ saluran pencernaan, peserta didik dapat memasangkan antara organ, dengan enzim yang dihasilkan dengan fungsinya secara tepat.
15.


Diberikan gejala/kasus kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan jenis penyakit/cara pecegahannya
16.

Sistem Pernapasan

Disajikan pernyataan proses pernapasan pada manusia, peserta didik dapat menjelaskan proses pernapasan dada/perut
17.


Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan tertentu dalam sistem pernapasan.
18.


Diberikan contoh  aktivitas manusia saat bernapas, peserta didik dapat menentukan jumlah udara tertentu sesuai dengan kapasitas paru-paru.
19.


Peserta didik dapat menjelaskan penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia.
20.

Sistem Peredaran Darah

Disajikan pernyataan ciriciri sel darah, peserta didik dapat menjelaskan struktur sel darah tertentu
21.


Disajikan gambar organ peredaran darah, siswa dapat menjelaskan proses/aliran peredaran darah pada organ tersebut

22.


Disajikan ilustrasi tentang luka pada bagian tubuh manusia/ gambar skema proses pembekuan darah, peserta didik dapat menentukan zat yang menentukan/terlibat dalam proses pembekuan darah tersebut.
23.


Disajikan suatu kasus mengenai penyakit/kelainan pada sistem peredaran darah, peserta didik dapat menjelaskan cara pencegahan kelainan/ penyakit tersebut.
24.
2.
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Disajikan gambar anatomi organ tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan nama jaringan penyusunnya dan fungsinya
25.


Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan tumbuhan,  peserta didik dapat menentukan nama/jenis jaringan tersebut.
26.


Peserta didik dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil berdasarkan struktur jaringan penyusunnya
27.


Fotosintesis pada Tumbuhan.

Peserta didik dapat melengkapi reaksi kimia fotosintesis dengan benar
28.


Disajikan diagram/langkah percobaan fotosintesis peserta didik dapat menentukan tujuan kegiatan pada diagram/ langkah tertentu yang dilakukan.
29.

Macam-macam Gerak pada Tumbuhan
Disajikan gambar tumbuhan yang diberi stimulus, peserta didik dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu.
30.


Disajikan gambar percobaan  gerak pada tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan gerak yang dilakukan berdasarkan konsep gerak pada tumbuhan
31.

Hama dan Penyakit pada Tanaman
Disajikan data contoh/ciri ciri kerusakan pada beberapa tumbuhan, peserta didik dapat menentukan penyebab kerusakan tersebut
32.
3.
Atom, Ion dan Molekul.

Disajikan beberapa pernyataan tentang konsep atom/ion/molekul, peserta didik dapat menentukan konsep yang benar tentang atom/ion/molekul
33.


Disajikan daftar komposisi dari produk kimia sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ion/unsur/molekul penyusun produk tersebut.
34.


Disajikan contoh model molekul unsur dan molekul senyawa, peserta didik dapat menentukan  model yang merupakan molekul senyawa
35.
4.
Bahan Kimia dalam Kehidupan

Diberikan data beberapa jenis bahan kimia yang ada di rumah, peserta didik dapat menentukan bahan kimia yang berguna sebagai pembersih.
36.


Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dan dan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam makanan
37.


Peserta didik dapat menyebutkan contoh bahan bahan kimia alami dan bahan bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
38.


Diberikan beberapa pernyataan tentang pengaruh zat adiktif, peserta didik dapat menentukan pengaruh zat adiktif/psikotropika terhadap kesehatan.
39.


Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari bahan kimia adiktif dan obat psikotropika
40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL PAT IPS KELAS 9

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 201 9 -20 20   Mata    Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas/Seme...